Belajar Mengenai Pengetahuan “Beli Yang Baik”

www.pdf24.org    Send article as PDF   

SIDOARJO, ONEINDONESIASATU.Com – Earth Hour Sidoarjo mengadakan Jelajah Cafe #BeliYangBaik ke-4. Beli Yang Baik Jelajah Cafe kali ini bertempat di Warunk Upnormal dan dimulai pukul 10.00 sampai pukul 13.00, dihadiri oleh 60 orang yang meliputi mahasiswa dan komunitas di Sidoarjo. 

Muchammad Tamyiz, S.Si. dan Violin Biru selaku pemateri akan menyampaikan poin Beli Yang Baik seperti beli yang perlu, beli yang lokal, beli yang alami, beli yang awet atau tidak hanya sekali pakai seperti halnya sedotan plastik, beli yang ekolabel, dan mau dibawa kemana.

Tamyiz membawakan materi yaitu peran masyarakat dalam lingkungan menuju Sustainable Development Goals (SDG) menyampaikan bahwa, kita selaku warga milenial sangat berpotensi untuk mengubah dunia dan bumi yang sekarang ini sudah mulai berubah dan menua. 

“Menjadi filantropis, dan dapat dengan cepat mengajak dan mempengaruhi warga yang lain untuk mulai merubah dunia. Sidoarjo saat ini masih belum membiasakan hidup hijau, meskipun Sidoarjo sendiri sudah memulai untuk pembangunan kota hijau yang berkelanjutan,” terangnya. Rabu, (23/01/2019).

Lanjut Tamyiz, dirinya menerangkan bahwa, kaum milenial yang sudah terbiasa dengan cara instan, tidak bisa lagi mempunyai mindset yang seperti itu. “Karena itu, tetap perlu adanya edukasi yang baik sejak dini untuk menanampak budaya hidup yang lebih baik lagi,” tegasnya.

Violin Biru sebagai pemateri berikutnya menyampaikan materi Sustainable Consumption Production (SCP) serta materi Beli Yang Baik yang memiliki enam poin yaitu beli yang perlu, beli yang lokal, beli yang alami, beli yang awet, beli yang ekolabel, dan terakhir mau dibawa kemana. 

Vio menjelaskan bahwa, untuk menjadi konsumen yang baik kita harus selalu mengingat apakah kita perlu membeli barang tersebut, mencoba menjadi konsumen yang lebih memperhatikan priorotas kebutuhan kita sendiri, karena dengan mengenali prioritas kita dapat lebih berhemat serta menjaga lingkungan kita.

Dalam Jelajah Cafe Beli Yang Baik juga mengajak para peserta untuk membuat DIY Notebook dari kertas dan karton bekas yang telah mereka bawa. Ini untuk mengedukasi peserta supaya lebih memanfaatkan barang-barang bekas yang ada dan menjadikannya lebih bermanfaat serta untuk mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan. (ari)

Arianto Deni Candra Kurnuawan

Mahasiswa semester 9 UNESA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: