Ratusan Mahasiswa dan Masyarakat Lamongan Deklarasi Indonesia Damai

www.pdf24.org    Send article as PDF   

LAMONGAN, ONEINDONESIASATU.Com -Ratusan Mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Lamongan beserta Kelompok Cipayung mengelar Dialog Publik dengan tema, “Perbedaan itu pilihan, tapi Persatuan dan Kebhinekaan adalah yang Paling Utama”.

Ulul Albab selaku Ketua Bidang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Lamongan dalam diskusinya mengatakan, Warga Muhammadiyah sebenarnya tidak pernah melarang untuk berdiri ormas lain dan melakukan aktifitas lainnya akan tetapi ada sebagian oknum yang memicu untuk timbulnya konflik.

“Maka dari itu, kami sebagai ortom Muhammadiyah di tingkat mahasiswa ingin menyerukan daerah Lamongan pada khususnya dan daerah lainnya, untuk tidak membuat konflik terlalu panjang ada baiknya semua untuk di selesaikan dengan musyawarah dan dialog hal ini sebagaimana kita lakukan untuk persatuan dan kedamaian di daerah Lamongan,” tegas Ulul. Kamis, (24/12019).

Hal senada dengan Ulul, Ketua Pegerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Lamongan, Muhammad Hasan Basri mengatakan, perbedaan itu adalah hal yang lumrah, anugrah yang kita miliki untuk beraktifitas kepada se sama, mengingat kejadian di Desa Godong, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan.

“Nahdhatul Ulama berharap dengan toleransi beragama kita bisa meningkatkan persaudaraan, jangan sampai nanti kejadian seperti di Jakarta pada beberapa tahun Lalu yang melakukan aksi berjilid-jilid,” ujarnya.

Pasca diskusi, dilanjutkan dengan pembacaan naskah Deklarasi Mahasiswa menuju Indonesia damai dan aman : 

  1. Kedamaian, kami berharap masyarakat dan aparat negara berkomitmen menjaga kedamaian Indonesia khususnya di  Kabupaten Lamongan.

  2. Persatuan, kami berharap Bangsa Indonesia serta masyarakat Lamongan yang beragam, tidak terpecah-belah oleh alasan apapun.

  3. Ketegasan, kami berharap Pemerintah memastikan terlaksananya reformasi hukum, untuk meningkatkan integritas Bangsa Indonesia. (ari)

Arianto Deni Candra Kurnuawan

Mahasiswa semester 9 UNESA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: