Mahasiswa Berbagai Kampus di Bandung Deklarasikan HIMAPINDO

   Send article as PDF   

BANDUNG, oneindonesiasatu.com – Ratusan mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi se-Bandung Raya mendeklarasikan Himpunan Mahasiswa Pengusaha Muda Indonesia (HIMAPINDO) di Aula Rabbani, Jl. Dipatiukur No. 44, Bandung.

Kegiatan deklarasi yang diisi dengan Seminar Entrepreneur dengan mengangkat tema, “Menjadi Pengusaha Sebelum Sarjana di Era Industri 4.0”  dihadiri oleh Widodo Darojatun selaku Vice President Bank Syariah Mandiri dan Budiyanto selaku CEO Budiyanto Corporations.  

Menurut Widodo, mahasiswa harus mempunyai semangat entrepreneur karena dengan berwirausaha maka bisa independen serta bisa mengekplotasi kretifitasnya sesuai fashionnya. Karena Kinerja ekstrim selalu merupakan hasil dari penyelesaian masalah secara ekstrim.

“Bahkan, agar tidak terjebak dengan kenyamanan karena sebuah posisi sebagai karyawan tetap mumpung belum menjadi karyawan utamakan menjadi entrepreneur,” tuturnya dalam memberikan materi di seminar tersebut. Minggu, (21/4/2019).

Ia menambahkan, karena apapun usahanya kalau milik sendiri maka kita sendiri bosnya begitu juga sebaliknya setinggi apapun jabatannya kalau ia jadi karyawan maka ia tetap menjadi bawahan. 

“Saya berpesan, dalam ingin memulai usaha maka niatkan untuk selalu meringankan beban orang lain, karena di balik kesulitan atau di balik masalah yang ada di masyarakat, selalu ada business opportunity,” tegasnya.

Sementara itu, Budiyanto yang menyampaikan materi konsepsi strategis HIMAPINDO dalam seminar tersebut memaparkan bahwa, pentingnya memanfaatkan media dan tecknologi dalam menjalankan bisnis di era ini khususnya bagi pebisnis pemula. 

“Karena pada saat ini banyak orang menggunakan media online untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya, sehingga bisnis online menjadi bisnis yang sangat menjanjikan dan tidak terlalu membutuhkan money capital sebagai kekuatan utamanya,” imbuhnya.

Sedangakan menurut Sekjen Himapindo Eenk Heryono dalam sambutannya, menyerukan kepada mahasiswa se-Bandung Raya untuk menjadi bagian membangun peradaban perekenomian indonesia yang berdaulat dan mensejahterakan dengan semangat berwirausaha.

Dan HIMAPINDO siap mewadahi Mahasiswa se-Bandung Raya untuk menjadi pengusaha sebelum sarjana. Walau gagasan HIMAPINDO tidak sedikit yang mengganggap gagasan yang mustahil diwujudkan. 

Dirinya mengajak mahasiswa justru karena sulit, maka kita harus kerjakan dan buktikan bahwa kita bisa. Contohnya ketika Martin Luther King Jr berpidato di Alabama 1963 tentang hak sipil di amerika tidak sedikit yang menganggap tidak mungkin dilaksanakan.

“Akan tetapi, tidak lama kemudian melalui kongres di bawah kepemimpinan Presiden Lyden B.J akhirnya hak sipil di Amerika dirasakan tanpa lagi membedakan RAS,” ungkapnya.

Masih dengan Eenk, bahkan puncaknya setelah 45 Tahun dari pidato Martin Luther King Jr memperjuangkan hak sipil warga Amerika memilih Presiden Barack Obama dari kulit hitam pertama dalam sejarah bangsanya pada tahun 2008. 

“Dengan contoh itu insyaallah Himapindo tidak akan membutuhkan waktu 45 Tahun untuk menjadikan mahasiswa untuk menjadi pengusaha sebelum sarjana apalagi hari ini ditambah mahasiswa se-Bandung Raya untuk menjadi bagian dari Himapindo,” tuturnya.

Lebih Lanjut, Eenk mengungkapkan, tidak lama lagi Himapindo akan menjadi jawaban bagi bangsa dan negara untuk menghadirkan peradaban baru yang diisi oleh pengusaha yang siap mensejahterakan masyarakat.

“Dan dalam kesempatan ini secara sah Himapindo Bandung Raya membentuk Badan Pengurus Daerah di bawah pimpinan Dian Kurnia Rahmawan sebagai Kordinator Daerah dan Itang Bakri sebagai Sekretaris Daerah Himapindo Bandung Raya. Dengan begitu efektivitas perkadaran akan berjalan efektif dan efesien kedepannya,” tutupnya. (ari)

Arianto Goder

Mahasiswa semester 9 UNESA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: