Belajar Mitigasi Bencana Lebih Interaktif dengan Gembok Ati

   Send article as PDF   

MALANG, oneindonesiasatu.com – Mitigasi bencana merupakan upaya yang dilakukan untuk menanggulangi dampak yang ditimbulkan oleh bencana. Pengetahuan terkait mitigasi bencana sangat diperlukan untuk kesiapsiagaan mengahadapi bencana.

Untuk menunjang hal tersebut mahasiswa Universitas Negeri Malang ciptakan inovasi Gembok Ati sebagai sumber belajar yang interaktif.

Gembok Ati merupakan inovasi buku pembelajaran yang dikembangkan oleh 5 mahasiswa, yang terdiri dari : Desy Suryani (Jurusan Geografi), Ahmad Hanif Priyono (Jurusan Geografi), Danang Abdurrahman (Jurusan Geografi), Muhammmad Rizal Rusdiansyah (Jurusan Teknik Informatika), dan Muhammad Andi Ardiansyah (Jurusan Seni Rupa).

Hal menarik yang bisa dilihat dari buku ini adalah judulnya yang menggunakan istilah Gembok Ati. Mungkin banyak orang akan berpandangan jika buku ini bercerita tentang kisah romantis atau mungkin buku religi. Tetapi tidak, justru sebaliknya buku ini merupakan buku pembelajaran yang fokus pada mata pelajaran geografi SMA.

Desy yang merupakan ketua Tim Gembok Ati menuturkan, “awalnya tim kami merasa bingung untuk menentukan judul yang unik dan menarik, akhirnya kami memutuskan Gembok Ati sebagai judul buku dan brand bisnis kami,” ucapnya

Danang menambahkan, “Gembok Ati kami ambil dari judul panjang buku ini yaitu : Geomorphology Book with Augmented Reality, buku ini akan membahas secara detail terkait bentukan lahan yang ada di Indonesia seperti : pegunungan kapur, gunungapi, pantai, dan sebagainya,” ujarnya.

Hanif mengimbuhkan, “di dalam Buku Gembok Ati selain membahas bentukan lahan Indonesia, juga membahas mengenai potensi sumber daya alam dan kerawanan bencana yang ada di Indonsia,” bebernya.

Mahasiswa jurusan geografi ini juga menambahkan, “selain itu buku ini juga didukung dengan program Augmented Reality, program ini berfungsi untuk menvisualisasikan 3D bentukan lahan Indonesia,” lanjutnya.

Ini menjadi hal baru dan menarik untuk belajar geografi, karena pembaca akan merasa bahwa dirinya seakan-akan menjelajahi Indonesia. Pembaca akan mengenal bantukan lahan, potensi sumber daya alam, dan bencana yang ada di berbagi wilayah Indonesia.

Sajian yang interaktif akan meningkatkan minat belajar pembaca untuk terus mengakaji lebih dalam terkait kondisi geografis Indonesia.

Sebagai bocoran terkait isi dalam buku Gembok Ati, yaitu: salah satu sub-bab buku ini adalah Bentukan Lahan Vulkanik, bab ini akan berisi tentang proses terbentuknya gunung api, potensi SDA akibat erupsi gunung api, dan bencana yang ditimbulkan ari erupsi gunungapi, serta mitigasi yang tepat ketita terjadi bencana gunung api.

Buku Gembok Ati diharapkan dapat menjadi media yang inovatif untuk kegiatan belajar-mengajar. Bagi pengajar dan peserta didik dapat dijadikan sumber belajar yang interaktif, sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan optimal.

Buku Gembok Ati juga dilengkapi dengan Merchandise yang unik dan menarik, meliputi: T-Shirt, Pouch, Tottebag, Tumbler, Gantungan Kunci, Stiker, dan Pembatas Buku yang sangat menawan, tentunya dijual secara terpisah.

Untuk mendapatkan Buku Gembok Ati maupun merchandisenya sangat mudah hanya dengan memesan dan mengunjungi akun instagram di @gembok_ati  dan laman website di http://gembok_ati, serta bisa menghubungi lebih lanjut melalui email : hanifahmad7769@gmail.com “Siapkan dirimu untuk menjelajahi bumi nusantara dengan Gembok Ati”.

Sumber : Desy Suryani (Jurusan Geografi), Danang Abdurrahman (Jurusan Geografi), Ahmad Hanif Priyono (Jurusan Geografi), Muhammad Rizal Rusdiansyah (Jurusan Teknik Informatika), dan Muhamad Andi Andriansyah (Jurusan Seni Rupa).

Arianto Goder

Mahasiswa semester 9 UNESA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: