Media Pembelajaran “Gembok Ati” Mengedukasi tentang Mitigasi

   Send article as PDF   

MALANG, oneindonesiasatu.com – Indonesia menjadi salah satu negara dengan potensi bencana alam yang tinggi. Bencana alam yang sering terjadi yaitu seperti gempa bumi, banjir, gunung meletus, tsunami, longsor dan bencana alam lainnya.

Dalam kegiatan pembelajaran, biasanya guru menggunakan buku paket yang di dalamnya menampilkan gambar yang kurang representatif dengan keterangan yang disajikan.

Melihat peluang tersebut, lima mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) menciptakan buku GEMBOK ATI berbasis Augmented Reality yang didalamnya terdapat mitigasi bencana.

Gembok ati merupakan inovasi buku pembelajaran geografi yang fokus pada materi geomorfologi. Inovasi buku ini diprakarsai oleh 5 mahasiswa UM yang terdiri dari : Desy Suryani, Ahmad Hanif Priyono, Danang Abdurrahman, Muhammad Rizal Rusdiansyah, dan Muhammad Andi Andriansyah.

Yang berbeda Gembok Ati mengusung dua jenis sajian, yaitu sajian berbasis kertas dan digital. Didukung dengan ilustrasi 3D dan program Augmented Reality (AR), membuat Gembok Ati menjadi literasi masa kini yang interaktif dan komunikatif.

Materi Geomorfologi yang dikembangkan mencakup 6 jenis bentukan lahan yaitu bentukan lahan asal vulkanik, struktural, fluvial, marine, solusional dan denudasional.

Keenam, bentukan lahan tersebut akan dikemas secara menarik dengan ilustrasi 3D dan program AR serta dubbing suara yang interaktif.

“Pengetahuan terkait geomorfologi menjadi dasar bagi masyarakat untuk memahami kondisi spasial wilayah. Salah satunya dalam mendidik masyarakat tentang bagaimana dan pemanfaatan potensi sumber daya alam,” tutur Desy selaku ketua tim dari Gembok Ati.

Mahasiswa jurusan geografi tersebut menambahkan, “hadirnya Gembok Ati, akan memberikan pengetahuan dan pengajaran bagi masyarakat untuk menghadapi bencana sesuai dengan jenis bencana dan karakteristik wilayah, untuk itu sebagai Early warning system akan lebih efektif apabila dimantapkan dengan media yang menarik dan interaktif,” ujarnya.

Selain membahas Geomorfologi Indonesia, di dalam buku Gembok Ati juga menyinggung potensi sumber daya alam dan kerentanan bencana Indonesia.

Ini merupakan suatu pengembangan 3 materi pelajaran geografi yang dikemas dalam satu buku. Diharapkan setelah membaca dan menyaksikan video animasi AR dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Inovasi Gembok Ati ini pun sudah direview oleh Andreas Syah Pahlevi selaku Ketua Asosiasi Desain Grafis Indonesia Chapter Malang. Dari review ini, dapat disimpulkan bahwa ilustrasi 3D dan Program AR tersebut dapat memberikan stimulus untuk meningkatkan minat baca seseorang.

Untuk memberikan daya tarik lain Gembok Ati juga menyediakan Merchandise yang meliputi: T-Shirt, Pouch, Tottebag, Tumbler, Gantungan Kunci, Stiker, dan Pembatas Buku yang sangat menawan, tentunya dijual secara terpisah.

Untuk mendapatkan Buku Gembok Ati maupun merchandisenya sangat mudah anda dapat memesannya dengan mengunjungi akun instagram di @gembok_ati  dan laman website di http://gembok_ati, serta bisa menghubungi lebih lanjut melalui email : hanifahmad7769@gmail.com “Siapkan dirimu untuk menjelajahi bumi nusantara dengan Gembok Ati”.

Sumber : Desy Suryani (Jurusan Geografi), Danang Abdurrahman (Jurusan Geografi), Ahmad Hanif Priyono (Jurusan Geografi), Muhammad Rizal Rusdiansyah (Jurusan Teknik Informatika), dan Muhamad Andi Andriansyah (Jurusan Seni Rupa).

Arianto Goder

Mahasiswa semester 9 UNESA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: