Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tuban Siap Bersinergi dengan Tim PKM Unesa

   Send article as PDF   

TUBAN, oneindonesiasatu.com – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tuban hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang didanai oleh Belmawa Ristek Dikti.

Dalam kesempatan ini, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tuban diwakili oleh Aizah Tis Inawati Kepala Bidang Kemitraan, Konservasi dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan.

Dalam sambutannya, Aiz mengapresiasi mahasiswa Unesa yang telah melakukan pengabdian masyarakat. “Kami mengapresiasi adik adik mahasiswa Unesa.

Di saat mahasiswa yang lain kecanduan gadget, game online dan kegiatan yang kurang bermanfaat, adik-adik dari Unesa menyisihkan waktunya untuk mengabdi kepada masyarakatnya,” ungkapnya. Sabtu, (15/6/2019).

“Kami siap mendukung program adik-adik mahasiswa dan siap bersinergi supaya program ini terus berlanjut. Biasanya kegiatan seperti ini akan berhenti.

Namun, dengan dibentuk Gerakan Pecinta Lingkungan (Genpencil) oleh tim PKM ini kami yakin akan terus berlanjut. Mari bersama-sama bersinergi supaya kegiatan ini semakin besar,” ucapnya.

Selain sinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup, Aiz menyarankan untuk bersinergi dengan perusahaan untuk menyalurkan CSR kepada masyarakat desa Palang.

Adapun program yang telah dilaksanakan oleh tim PKM Unesa adalah edukasi tentang budaya hidup sehat, gerakan bersih sampah dan gerakan tanam 100 pohon di sepanjang pesisir pantai.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Tuban, Pengelola TPI, Dinas Lingkungan Hidup Tuban, Camat Palang, Perangkat Desa Palang, Ketua Rukun Nelayan, Ketua Karang Taruna Desa Palang, dan Gerakan Pecinta Lingkungan (Genpencil).

Kegiatan tersebut merupakan serangkaian dari Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M) yang didanai oleh Belmawa Ristek Dikti.

Tim yang diketua oleh Umi Hidayah dengan dosen Pembimbing Novi Marlena, S.Pd., M.Si., ini berawal dari keresahan mahasiswa melihat tumpukan sampah disekitar pesisir pantai yang menggunung.

Kegiatan ini merupakan kerjasama Tim PKM-M Unesa dengan mitra utama Karang Taruna Desa Palang, yang didukung oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Tuban, Pengelola TPI, Dinas Lingkungan Hidup Tuban, Mangrove Center, Dinas PRKP Tuban, Camat Palang, Perangkat Desa Palang, Rukun Nelayan, dan Gerakan Pecinta Lingkungan (Genpencil). Semua undangan yang hadir sangat antusias menyambut kegiatan ini. (ari)

Arianto Goder

Mahasiswa semester 9 UNESA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: