Gerakan Tanam 100 Pohon di Pesisir Pantai Palang, Ketua Rukun Nelayan Apresiasi Tim PKM Unesa

   Send article as PDF   

TUBAN, oneindonesiasatu.com – Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya mendapatkan hibah Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M) dari Belmawa Ristek Dikti.

Kegiatan tersebut berawal dari keresahan mahasiswa melihat tumpukan sampah disekitar pesisir pantai yang menggunung. Tim yang diketuai oleh Umi Hidayah dengan Doseb Pembimbing Novi Marlena, S.Pd., M.Si.,  ini lantas memberikan edukasi kepada masyarakat pesisir pantai Desa Palang Kecamatan Palang Kabupaten Tuban agar lebih peduli kepada lingkungannya.

Selain memberikan edukasi tentang budaya hidup sehat, tim bersama warga pesisir membersihkan tumpukan sampah sepanjang pantai serta melakukan penanaman pohon di sekitar pesisir pantai.

Kegiatan penanaman 100 pohon ini dihadiri oleh ketua Rukun Nelayan Desa Palang Kecamatan Palang Kabupaten Tuban, Erwan Wahyudi.

Pria yang akrab dipanggil mas Erwan ini mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada mahasiswa Tim PKM-M dari Unesa yang mampu menggerakkan warga pesisir baik dari kalangan muda maupun  tua untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Masalah utama yang kami hadapi adalah rendahnya kesadaran masyarakat pesisir dalam menciptakan budaya hidup sehat dan lingkungan yang bersih, khususnya membuang sampah pada tempatnya. Seringkali warga membuang sampah di bantaran pantai,” imbuhnya. Sabtu, (15/6/2018).

“Oleh sebab itu, kami mewakili masyarakat nelayan desa Palang mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada segenap tim di tengah kesibukan aktivitas perkuliahan masih menyisihkan waktunya dan mewakafkan tenaganya untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat,” pungkasnya.

Kegiatan ini merupakan kerjasama Tim PKM-M Unesa dengan mitra utama Karang Taruna Desa Palang, yang didukung oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Tuban, Pengelola TPI, Dinas Lingkungan Hidup Tuban, Mangrove Center, Dinas PRKP Tuban, Camat Palang, Perangkat Desa Palang, Rukun Nelayan, dan Gerakan Pecinta Lingkungan (Genpencil). Semua undangan yang hadir sangat antusias menyambut kegiatan ini. (ari)

Arianto Goder

Mahasiswa semester 9 UNESA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: