Tiga Kunci Sukses Karir Setelah Lulus Kuliah Ala Dekan Fakultas Ekonomi Unesa

   Send article as PDF   

SURABAYA, oneindonesiasatu.com – Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan Yudisium periode II Tahun 2019 di Ruang Auditorium G6 Gedung Dekanat dengan tema, “Peningkatan Kualitas Lulusan yang Berkarakter dan Berjiwa Wirausaha dalam Mewujudkan Daya Saing Era Revolusi Industri 4.0”.

Yudisium dipimpin langsung oleh Dr. Anang Kistyanto, S.Sos., M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya dan dihadiri oleh seluruh pimpinan jurusan, prodi, dosen, serta staf.

Yudisium periode II Tahun 2019 ini diikuti oleh 119 peserta. Terdiri dari Prodi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Tata Niaga, Pendidikan Administrasi Perkantoran, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, D3 Akuntansi dan S1 Ekonomi Islam.

Mengawali sambutannya, Anang menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta yudisium yang telah berhasil meyelesaikan proses kegiatan perkuliahan dengan penuh perjuangan.

“Keberhasilan tersebut merupakan kebanggaan untuk kita semua, anggota keluarga, dan sahabat terdekat,” paparnya. Selasa, (09/7/2019).

“Keberhasilan tersebut bukan sebuah titik akhir tetapi merupakan sebuah titik awal perjuangan untuk meraih mimpi setinggi-tingginya,” imbuhnya.

Selain itu, Anang juga berpesan kepada seluruh lulusan untuk mendesain Career Planning sesuai dengan Big Dream nya. Dekan ke empat Fakultas Ekonomi Unesa ini berbagi tiga kunci sukses menjalani karir kepada para lulusan.

Pertama, faktor Human Capital yang merupakan faktor penting pendukung keberhasilan seseorang, dengan mengkombinasikan pengetahuan, keterampilan, inovasi, dan kemampuan, seseorang bisa menciptakan sebuah nilai untuk mencapai tujuan.

Kedua, Sosial Capital. Faktor sosial capital merupakan faktor yang sangat dibutuhkan dalam Era sekarang ini. Era dimana Revolusi Industri 4.0 memberikan keleluasaan kita bisa berkomunikasi ke semua orang semakin dekat, dan tentunya semua itu harus dilandasi dengan sebuah Trust.

Ketiga, Spiritual Capital. Faktor Spiritual capital ini ini berbeda dengan modal spiritual yang lainnya yang pada umumnya memiliki sumber daya material.

Kekayaan yang kita peroleh melalui makna yang terdalam tidak akan bermanfaat tanpa dilandasi dengan amalan yang shaleh, keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.

Seusai memberikan sambutan, Doktor lulusan Universitas Brawijaya tersebut turun panggung untuk menyapa sekaligus memberikan penghargaan lulusan terbaik bidang akademik dan non akademik.

Penyerahan penghargaan kepada lulusan terbaik bidang akademik didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Susi Handayani, SE., Ak., M,Si.

Sedangkan Penyerahan penghargaan kepada lulusan terbaik bidang non akademik didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. H. Moch. Khoirul Anwar, S.Ag., MEI.

Lulusan yang berprestasi bidang akademik dengan nilai IPK tertinggi di tingkat Prodi, Jurusan, maupun Fakultas juga mendapatkan penghargaan.

Adapun lulusan terbaik bidang akademik adalah Nuril Islamiyah (Pendidikan Ekonomi 2015), Wahyu Kurniawati (Pendidikan Tata Niaga 2014), Siti Anjar Lustin (Pendidikan Administrasi Perkantoran 2015), Khusnul Khotimah (S1 Manajemen 2015), Ike Dian Oktavia Sari (S1 Akuntansi 2014), dan Wahyuningsari (Ekonomi Islam 2015).

Selain itu, mahasiswa yang mendapatkan penghargaan lulusan terbaik bidang Non Akademik adalah Wahyuningsari (S1 Ekonomi Islam 2015), Novia Nur Yuniarti (Pendidikan Ekonomi 2015), Khairunizam (S1 Manajemen 2015), dan Titik Mustikawati (D3 Akuntansi 2015).

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi Unesa Dr. Anang Kistyanto, S.Sos., M.Si. didampingi Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. H. Moch. Khoirul Anwar, S.Ag., MEI.

Acara Yudisium Periode II Tahun 2019 ditutup dengan ucapan selamat serta jabatan tangan oleh Dekan beserta jajaran dan para Dosen maupun staf selingkung FE Unesa kepada para peserta Yudisium FE Unesa. (ari)

Arianto Goder

Mahasiswa semester 9 UNESA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: