Implementasi Amanat Tri Dharma Perguruan Tinggi Ala Fakultas Ekonomi Mengabdi

   Send article as PDF   

SURABAYA, oneindonesiasatu.com – Dalam mengimplentasikan amanat Tri Dharma Peguruan Tinggi, peran mahasiswa sebagai agent of change yang merupakan inisiator pembawa perubahan selalu berpihak pada kepentingan masyarakat.

Melalui Fakultas Ekonomi Mengabdi (FEM) IX, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unesa (BEM FE Unesa) langsung terjun ke masyarakat di Dusun Kalirejo, Desa Darurejo, Kec. Plandaan, Kab. Jombang. Kegiatan ini dilaksanakan selama 11 hari, tepatnya dimulai pada tanggal 05-15 Juli 2019.

Menurut Ketua BEM FE Unesa, Ikmal Hidayat mengungkapkan bahwa, banyak aspek yang harus disentuh untuk menjadikan suatu masyarakat itu baik, karakternya, budayanya, sampai pola pikirnya juga harus kita sentuh untuk benar-benar menciptakan sebuah masyarakat yang beradab.

“Kegiatan ini merupakan komitmen BEM FE, bahwa sampai saat ini masih ada segelintir mahasiswa dengan segenap hati yang tulus untuk mengabdi. Untuk menjaga niat suci ini, kami gaungkan FEM IX tulus mengabdi ikhlas berbagi, insan pengabdi takkan pernah mati,” terangnya pada keterangan tertulisnya. Sabtu, (06/7/2019).

Senada dengan Ikmal, Ketua Umum komunitas Insan Pengabdi FE Unesa Kevin Imantaka mengatakan bahwa, FEM bukan soal susah dan payah, ini adalah tentang mengejawentahkan Tri Dharma yang ketiga.

“Jangan harap kita dapat apa di sana, namun dalam bentuk apa ilmu di kampus yang akan kita bawa ke sana. Yakini apa yang akan ditunaikan adalah ilmu dari usaha kita bersama, sampai berwujud amal untuk sesama. Insan pengabdi takkan pernah mati,” bebernya.

Perlu diketahui, keseluruhan agenda kegiatan selama 11 hari itu bersama warga di sana, diantaranya, pembukaan dengan Perangkat Desa dan Kecamatan, mengajar, fun out class, sarasehan dan organization, quality, lomba rakyat, rutinan musik dan tari, TPQ anak-anak.

Pelatihan banjari, kelas keterampilan, pelatihan media sosial, lomba persahabatan, penyuluhan kesehatan, lomba TPQ, TPQ bapak-ibu, kelas budidaya, pengajian akbar, kerja bakti, cerdas cermat, seminar pendidikan, senam, inagurasi, dan terakhir sayonara. (ari)

Arianto Goder

Mahasiswa semester 9 UNESA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: