Lahan Pertanahan Sawah Semakin Mengecil, Perlu PK Rencana Tara Ruang Pemkab Sidoarjo

   Send article as PDF   

SIDOARJO, oneindonesiasatu.com – Seiring banyaknya pembangunan yang terjadi di kawasan daerah Sidoarjo menyebabkan lahan persawahan diprediksi akan terus berkurang.

Berkurangnya lahan persawahan saat ini dikarenakan ditemukan banyaknya lahan sawah yang sudah berupa ahli fungsi yang berubah menjadi bangunan.

Beberapa dampak yang terjadi secara tidak langsung ialah menurunnya produksi pangan, mengancam keseimbangan ekosistem, sarana dan prasarana petani tidak terpakai dan petani bisa saja akan kehilangan pekerjaannya.

Luas lahan sawah di kabupaten Sidoarjo sebelumnya total 12 hektare mengalami penurunan yang sangat pesat menjadi 7 ribu hektare.

Penurunan jumlah lahan sawah terjadi di lima kecamatan. Lima kecamatan yang dimaksud adalah Candi, Buduran, Sidoarjo, Taman, dan Krian.

Menanggapi hal itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengakui bahwa industrialisasi di Sidoarjo sangat pesat kemajuannya. Dia juga mengakui bahwa lokasinya banyak mengambil area pertanian, tetapi lahan pertanian tetap harus dipertahankan.

Saat ini Sidoarjo dikenal sebagai kota industri, jasa, dan permukiman. Tingginya pertumbuhan hunian di sebabkan letak kabupaten Sidoarjo bertetangga dengan Surabaya sehingga kebanyakan penduduk bekerja di Surabaya memilih menetap di Sidoarjo.

Dengan begitu kota Sidoarjo semakin padat, tidak menutup kemungkinan tahun yang akan datang tidak ditemukan lahan sawah yang ada hanya bangunan-bangunan.

Hal itu tergambar dari pengajuan Peninjauan Kembali (PK) rencana tata ruang wilayah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo. Lahan pertanian pangan berkelanjutan, melihat fenomena tersebut perlunya peraturan pemerintah maupun pejabat mengenai pengendalian fungsi lahan.

Ketegasan diperlukan pada kekuatan hukum dan ketegasan penegak hukum Masalah yang terjadi secepatnya harus ditindak lanjuti seiring populasi penduduk yang terus berkembang.

Sumber : Mawar Monicha – Mahasiswa Prodi Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida)

Arianto Goder

Mahasiswa semester 9 UNESA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: