Maraknya Penipuan Penjualan Tanah Kavling

   Send article as PDF   

SIDOARJO, oneindonesiasatu.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo melakukan langkah-langkah terkait banyak kasus penipuan di sektor properti banyak terjadi di Sidoarjo. Salah satunya membentuk tim penanganan masalah tersebut. 

Pasalnya tidak hanya jual beli perumahan, penipuan bermodus jual tanah kaplingan ternyata jumlahnya lebih banyak. Memang jumlahnya cukup banyak. Sepanjang 2019 ini saya sudah ada sekitar 10 aduan yang kami terima.

Jika dibandingkan, kasus penipuan terkait jual tanah kavling memang jauh lebih banyak ketimbang masalah jual beli perumahan. Pihaknya sudah membentuk tim untuk penanganan persoalan ini.

Tim itu gabungan dari sejumlah instansi. Tugasnya mengecek jika ada aduan, kemudian memberikan rekomendasi kepada Pemkab Sidoarjo. Pengawasan dan penelusuran tim, diketahui bahwa, pihak yang melakukan penipuan dalam penjualan kavling kebanyakan tidak berizin.

Bukan hanya dalam hal jual beli perumahan saja, penipuan bermodus jual tanah kavlingan ternyata jumlahnya lebih banyak. Tapi masalah tanah kavling memang lebih banyak.

Dari aduan yang diterima, banyak yang tertipu janji manis penjual tanah kavling. Dengan harga miring, calon pembeli dijanjikan kelengkapan fasilitas perumahan. Mulai dari akses yang luas, fasum, saluran air hingga taman.

Sumber : Sundus Pramudhita Subekti – Mahasiswi Jurusan Administrasi Publik Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida)

Arianto Goder

Mahasiswa semester 9 UNESA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: