SD Mudipat Gelar Penyembelihan Hewan Qurban Sebanyak 25 Ekor Kambing & 7 Ekor Sapi

   Send article as PDF   

SURABAYA, oneindonesiasatu.com – SD Muhammadiyah 4 (Mudipat) Pucang Surabaya menggelar penyembelihan hewan qurban di halaman parkir sekolah. Dengan penyembelihan berjumlah 25 ekor kambing dan 7 ekor sapi.

Kepala Sekolah SD Mudipat Syaikhul Islam mengatakan, rencananya daging hewan qurban akan disalurkan kepada masyarakat sekitar sekolah dengan jumlah 800 kantong yang beratnya 1 kilogram.

“Tidak hanya untuk masyarakat sekitar, sebagian juga akan disalurkan sebagian untuk lingkungan guru dan karyawan yang akan membawa 2 kantong tiap masing-masingnya.

Juga menyalurkan sebanyak 90 paket ke Dinas Sosial Kota Surabaya, Jl. Arief Rachman Hakim No. 131-133 Surabaya,” terangnya pasca penyembelihan hewan qurban. Minggu, (11/8/2019).

Sumbangan hewan qurban ini semuanya berasal dari siswa SD Mudipat. Syaikhul menilai, inisiatif siswa ini merupakan sarana edukasi yang luar biasa dan tak ternilai harganya.

“Inisiatif siswa ini berasal dari ‘kaleng qurban’ yang dikumpulkan sejak siswa menginjak masa sekolah yang baru (kelas 1 sd 3 -red). Dan untuk kelas 4-5 menghitung dan mengumpulkannya ketika menjelang Idul Adha. Serta kelas 6 disepakati untuk menyumbang satu ekor sapi,” beber Syaikhul.

Kegiatan penyembelihan ini tidak hanya diikuti dari guru dan karyawan SD Mudipat. Melainkan juga melibatkan siswa untuk belajar  dan mengamati proses keseluruhan penyembelihan qurban sampai didistribusikan pada yang membutuhkan.

“Jadi unsur edukasi yang didapatkan siswa kami ini betul-betul dirasakannya. Sebab, mereka tak hanya sekedar merayakan Hari Raya Idul Adha, tapi juga memberikan kesempatan langsung turun ke lapangan melakukan hal yang bermanfaat pada sesama umat,” tuturnya. (ari)

Arianto Goder

Mahasiswa semester 9 UNESA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: