KPPU Kanwil IV Jatuhkan Hukuman pada 2 Perkara Proyek Lelang di Kabupaten Kediri

   Send article as PDF   

SURABAYA, oneindonesiasatu.com – Komisi Pengawas Persaingan Usaha Republik Indonesia (KPPU RI) Kantor Wilayah IV (Jatim, Jateng, DIY, Bali, NTB, dan NTT) menggelar dua perkara sidang pembacaan putusan pada dugaan pelanggaran Pasal 22 Undang-Undang Nomor 55 tahun 1999, mengenai Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Tidak Sehat.

Atas kasus paket pekerjaan pembangunan jalan (Kode Lelang 770207) dan dua paket peningkatan jalan (kode lelang 771207) oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kediri Sumber Dana DAU APBD Kabupaten Kediri TA 2017.

Dipimpin Ketua Majelis Komisi Ukay Karyadi dan dua Anggota Majelis Komisi, yakni Afif Hasbullah dan Kodrat Wibowo. Sidang pembacaan putusan ini dihadiri tujuh pihak terlapor yang terdiri dari perorangan, kelompok dan perusahaan yang dinyatakan bersalah.

“Bahwa ketentuan Undang-Undang yang diduga dilanggar oleh para terlapor adalah dugaan pelanggaran pasal 22 undang-undang nomor 5 tahun 1999,” ucap Ukay Karyadi saat pembacaan putusan di Gedung Bumi Mandiri Tower I, Jl. Basuki Rahmat No. 129-137, Surabaya. Kamis, (29/8/2019).

Ketujuh terlapor tersebut adalah Supriyanta, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas PUPR Kabupaten Kediri terkait pelelangan paket pekerjaan pembangunan jalan sebagai terlapor I.

Kedua, kelompok kerja (Pokja) pengadaan pekerjaan konstruksi dan jasa Unit Layanan Pengadaan (ULP) terkait Pelelangan Paket Pekerjaan Pembangunan Jalan sebagai terlapor II.

Sedangkan dari perusahaan adalah PT Kediri Putra sebagai terlapor III, PT Triple S Indosedulur sebagai terlapor IV, PT Ayem Mulya Indah sebagai terlapor V, PT Jatisono Multi Konstruksi sebagai terlapor VI dan PT Tata Karunia Abadi sebagai terlapor VII.

Majelis komisi akhirnya menjatuhkan hukuman denda sesuai peran terlapor, dan melarang mengikuti lelang tender ataupun menjadi panitianya selama kurun waktu yang telah ditentukan. (ari)

LINE it!

Arianto Goder

Mahasiswa semester 9 UNESA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: