Literasi Nusantara Rayakan Ultahnya yang Pertama di Gempolgading Lamongan

   Send article as PDF   

LAMONGAN, oneindonesiasatu.com – Literasi Nusantara milik PT Gramedia Asri Media akan merayakan ulang tahun pertamanya di Desa Gempolpading, Kec. Pucuk, Kab. Lamongan, Prov. Jawa Timur. Perayaan ulang tahun ini akan berkolaborasi dengan salah satu penggiat literasi di wilayah Lamongan, yaitu Taman Baca Anak Pertiwi. Pelaksanaan acara di wilayah ini merupakan hasil kompetisi Perayaan Ulang Tahun Literasi Nusantara Pertama yang diluncurkan pada Agustus lalu, hingga terpilih dua pemenang yaitu TBM Ar-Rasyiid di Aceh dan Taman Baca Anak Pertiwi di Lamongan.

Acara Perayaan Hari Ulang Tahun Literasi Nusantara di Taman Baca Anak Pertiwi mengusung tema Ragam Literasi Nusantaradengan mengadakan bincang literasi bersama Yusron Aminulloh sebagai Ketua Forum Literasi Jawa Timur, talkshowmengenai penulisan buku anak bersama Watiek Ideo, festival dongeng, pertunjukan teater, dan beragam kompetisi menarikAcara yang dibuka oleh Sekda Lamongan, Yuhronur Efendi. 

Literasi Nusantara merupakan sebuah program utama sekaligus wadah kegiatan literasi milik PT Gramedia Asri Media yang diluncurkan dalam bentuk website pada 28 September 2018. Literasi Nusantaramemiliki visi dan misi untuk membantu program pemerintah dalam meningkatkan minat baca, literasi, dan pendidikan non formal masyarakat di seluruh Indonesia. Guna mencapai tujuan tersebut, Literasi Nusantara bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Republik Indonesia, pemerintah daerah, dan komunitas serta penggiat literasi di seluruh pelosok negeri untuk melaksanakan berbagai kegiatan literasi di wilayah masing-masing.

Pada kompetisi yang diadakan Literasi Nusantara, Taman Baca Anak Pertiwi merupakan salah satu yang terbaik dari sekian banyaknya Taman Bacaan Masyarakat di seluruh Indonesia yang membuat konsep acara untuk merayakan ulang tahun Literasi Nusantara, hingga akhirnya menjadi salah satu pemenang. Didirikan oleh M. Afif Syairozi pada September 2018, Taman Baca Anak Pertiwi diharapkan dapat membangun minat baca di Indonesia yang menurutnya akan membuahkan hasil, yaitu putra putri bangsa yang lebih baik dengan pengetahuan dan ilmu yang mereka miliki. Kekhawatiran akan krisis minat baca, menggerakan hatinya untuk bergerak dan berjuang demi literasi, dimulai dengan Taman Baca Anak Pertiwi.

Corporate Secretary GM PT Gramedia Asri Media Yosef Adityo menyatakan, “ke depannya kami berharap agar Literasi Nusantara tidak hanya berkolaborasi dengan pemerintah dan penggiat literasi saja, akan tetapi juga dapat bersinergi dengan perusahaan-perusahaan lain di Indonesia,” ucapnya pada keterangan tertulisnya yang dikirim ke media ini. Minggu, (06/10/2019).

Terkait konsep perayaan ulang tahun pertama ini, Literasi Nusantara ingin merayakan dengan cara berkolaborasi dengan taman baca terpilih di seluruh Indonesia. “Kami ingin menunjukkan keberagaman nusantara melalui perjuangan yang berbeda-beda namun tetap satu visi, seperti apa yang telah dilakukan oleh para penggiat literasi,” tutur Rezza Patria Wibowo selaku Public Relations Manager PT Gramedia Asri Media.

Gramedia melalui Literasi Nusantara juga secara aktif mengadakan acara #JelajahLiterasi untuk berbagi buku dan memberitakan semangat positif para komunitas dan taman baca di Indonesia dengan cara berkunjung langsung ke lokasi mereka. Semua aktivitas serta kegiatan ini semata-mata demi membantu program pemerintah memajukan literasi, minat baca, dan pendidikan masyarakat di Indonesia. (ari)

Arianto Goder

Mahasiswa semester 9 UNESA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: