Wagub Jatim dan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Membuka Pameran IBT Expo 2019

   Send article as PDF   

SURABAYA, oneindonesiasatu.com – Wakil Gubernur Jawa Timur (Wagub Jatim) Emil Elestianto Dardak bersama Direktorat Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI), Suhanto, resmi membuka pameran Indonesia Bagian Timur (IBT) Expo 2019 di Crystal Mainhall Lt. 3 Hotel Garden Palace Surabaya.

Emil mengatakan bahwa, pihaknya optimistis IBT Expo 2019 di Surabaya mampu mempengaruhi sekaligus mengembangkan ekonomi di wilayah Kawasan Timur Indonesia. Emil menyebut, saat ini Jawa Timur merupakan ekonomi terbesar kedua di Indonesia.

“Saat ini, ekonomi Jawa Timur menyumbang seperlima perdagangan di seluruh Indonesia dan perdagangan sendiri menyumbang hampir 20 % dari stuktur ekonomi. Untuk itu, industri SDA dan berbasis padat karya tidak lagi jadi tumpuan. Sehingga, industri jasa dan perdagangan untuk daya saing kedepannya,” ujar Emil dalam sambutannya. Kamis, (14/11/2019).

Emil menambahkan, dukungan terhadap IBT Expo 2019 merupakan salah satu cara Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersinergi dengan private sektor.

Sehingga, akan mempermudah bertemunya para seller (penjual) dan buyer (pembeli). Dengan demikian, perdagangan di Provinsi Jawa Timur akan semakin bergairah. Hal itu lah yang akan memperkuat posisi Provinsi Jawa Timur sebagai pusat perdagangan.

“Lewat IBT Expo 2019 ini, mari kita bangun kemitraan dan sinergitas yang baik, serta saling menguntungkan semua pihak. Mari kita bersama-sama majukan ekonomi sebagai satu kesatuan ekonomi menuju Indonesia lebih sejahtera,” tandas Emil.

Perlu diketahui, pameran IBT Expo 2019 ini diselenggarakan selama 3 hari (14-16 November 2019). Acara ini dalam rangka akselerasi perdagangan dan investasi Indonesia Bagian Timur di era revolusi industri 4.0. (ari)

Arianto Goder

Mahasiswa semester 9 UNESA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: