Imigrasi Bandara Soetta Menolak Sediakan AC di Terminal, Otoritas: Bukan Wewenang Kami

  • Bagikan
X
Tangerang: Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Bandara Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto, mengatakan pihaknya tidak punya kewenangan terkait fasilitas penyejuk ruangan dan pengaturan jadwal kedatangan masyarakat.

Hal tersebut menjawab keluhan masyarakat terkait kepadatan antrean di Area Imigrasi Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Minggu, 15 Mei 2022.

"Kami tidak berwenang menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait fasilitas penyejuk ruangan, fasilitas pada area imigrasi, dan pengaturan jadwal kedatangan pesawat. Hal tersebut merupakan otoritas pihak pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta," ujarnya, Senin, 16 Mei 2022.

Menurut Tito, pada Minggu, 15 Mei 2022 pukul 17.00 WIB, tercatat sebanyak 12 penerbangan internasional mendarat secara berdekatan, hingga mengakibatkan kepadatan antrean di Area Imigrasi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Volume Penumpang Libur Waisak di Bandara Soetta Diprediksi Menyamai Idulfitri

"Saat itu juga kami telah bersiaga penuh saat terjadinya kepadatan antrean penumpang di Area Imigrasi Terminal 3 Internasional Soekarno-Hatta. Sebagai langkah antisipasi, kami telah berkoordinasi dengan stakeholder terkait agar membuka opsi pembagian kedatangan internasional ke Terminal 2 apabila kapasitas Terminal 3 telah terpenuhi," jelasnya.

Tito menuturkan, pihaknya telah menyiagakan 534 petugas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk mendukung kelancaran lalu lintas pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) selama liburan ini.

"Kami juga mengaktifkan 31 konter pemeriksaan dengan perincian 14 konter pemeriksaan keberangkatan dan 17 konter pemeriksaan kedatangan. Seluruh konter dioperasikan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang," jelasnya.

Sebelumnya, antrean penumpang hingga mengular terjadi di pemeriksaan dokumen keimigrasian di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Penumpang harus menunggu berjam-jam hingga merasakan kegerahan pada Minggu, 15 Mei 2022 sekitar pukul 19.30 WIB.

Sumber: medcom.id

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di oneindonesiasatudotcom@gmail.com.
  • Bagikan