Kumpulan Film Indonesia dengan Tema Haji, Yuk Tonton

  • Bagikan

Oneindonesiasatu.com – Ibadah haji menjadi impian besar bagi seluruh umat Muslim di dunia. Ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima. Setiap muslim yang mampu baik secara lahir maupun batin wajib memenuhi panggilan haji. Sejumlah film di Indonesia juga ada yang mengangkat tema tentang haji. Berikut ini daftarnya.

1. Haji Backpacker Film ini mengisahkan kehidupan Mada (Abimana Aryasatya) yang dibesarkan dilingkungan muslim taat. Hatinya hancur ketika pernikahannya dengan Sophia (Dewi Sandra) dibatalkan. Ia tak sanggup menanggung malu di hadapan penghulu dan tamu undangan, setelah mengetahui Sophia kabur menjelang acara ijab kabul.

Mada kemudian memutuskan pergi sejauh mungkin dari rumahnya. Ia berkelana ke negeri orang tanpa ada tujuan jelas. Sejak saat itu pula, ia berhenti menjalankan shalat. Bahkan, ketika mendengar ayahnya meninggal dunia di tanah suci Mekkah saat menunaikan ibadah haji, ia menolak ajakan sang kakak untuk melakukan shalat ghaib.

Rasa Marah pada Allah membuatnya berubah 180 derajat. Dia bersenang-senang meninggalkan Allah. Perjalanan sebagai backpacker keliling berbagai negara hingga sampai ke Arab mengubah hatinya. Sepanjang perjalanan kasih Allah menaungi hatinya hingga sanggup berhaji.

2. Di Bawah Lindungan Ka’bah Film garapan Hanny R Saputra ini mengadaptasi novel klasik Di Bawah Lindungan Ka’bah karangan Hamka diterbitkan Balai Pustaka pada 1938.

Ceritanya tentang Hamid (Herjunot Ali), pemuda saleh yang miskin. Ia disekolahkan oleh Haji Jafar (Didi Petet) yang berasal dari keluarga kaya raya. Hamid pun dekat dengan Zainab (Laudya Cynthia Bella), anak Haji Jafar, yang perlahan mereka jatuh cinta.

Inilah kisah cinta terlarang karena beda kelas sosial dan ekonomi. Hamid kemudian terbuang dan berhasil pergi haji. Sementara Zainab setia menantikan Hamid.

3. Emak Ingin Naik Haji Kisah Emak Ingin Naik Haji tentang Emak (Aty Cancer), penjual kue, yang ingin berhaji. Ia berjuang mewujudkan keinginannya dan Zein (Reza Rahadian), sang anak, jatuh bangun membantu Emak.

Di sisi lain, ada orang yang sudah berkali-kali naik haji dan melakukan ibadah tersebut demi kepentingan politik. Film yang disutradarai Aditya Gumay ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karangan Asma Nadia

4. Tauhid Tauhid barangkali menjadi film Indonesia tertua yang menjadikan haji sebagai tema pokoknya. Film yang disutradarai oleh Asrul Sani ini menceritakan sebuah rombongan yang hendak pergi ke Makkah.

Dalam perjalanan tersebut, mereka bertemu seorang dokter kapal yang sering bertugas ke Makkah, tetapi tidak punya keinginan untuk ikut menunaikan ibadah haji. Namun, setelah bertemu rombongan tersebut, dokter yang satu ini pun pergi ikut bersama-sama melaksanakan ibadah haji.

5. Dari Hati ke Haji Film ini bercerita tentang Baron, seorang preman di daerah pasar sabtu yang jatuh cinta dengan seorang anak Kyai yang bernama Aminah. Namun, cinta Baron harus diuji dengan persyaratan dari Kyai Salman untuk berhaji terlebih dahulu agar dapat meminang sang putri. (wol/berbagaisumber/syifa/d2)

Sumber: waspada.co.id

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di oneindonesiasatudotcom@gmail.com.
  • Bagikan