Eril Pulang ke Kampung Halaman sang Bunda

  • Bagikan
X
Dimakamkan di Sebelah Sungai Kecil, Dekat Sawah dan Gunung

ONEINDONESIASATU.COM – Hujan dan isak tangis menyambut kedatangan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), putra sulung Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK), di Gedung Pakuan, Bandung, tadi malam (12/6).

Salawat dilantunkan saat jenazah bersama rombongan keluarga tiba sekitar pukul 20.02 WIB.

Jenazah Eril dibawa ke Bandung melalui jalur darat setelah tiba di terminal kargo jenazah Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, kemarin (12/6) sore. Acara serah terima jenazah dihadiri beberapa pejabat. Antara lain, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri BUMN Erick Tohir, Mensesneg Pratikno, dan beberapa pejabat lain.

Kakak RK, Erwin Muniruzzaman, menyebut jenazah Eril yang diterbangkan dari Swiss tiba di tanah air pukul 15.45 WIB. Pihak keluarga melengkapi prosedur administrasi sebelum membawa Eril ke Bandung.

Jenazah Eril diterbangkan dengan pesawat Qatar Airlines dari Bandara Zurich, Swiss. ’’Perjalanan kurang lebih 17 jam, alhamdulillah bisa tiba di tanah air,’’ kata Adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman, sesaat sebelum keberangkatan iring-iringan jenazah ke Bandung.

Elpi berterima kasih kepada banyak pihak, terutama Kementerian Luar Negeri, yang telah banyak membantu proses kepulangan Eril ke tanah air. ’’Juga pada Bapak Presiden Jokowi yang telah memerintahkan jajarannya untuk membantu keluarga kami,’’ jelasnya. Ucapan terima kasih juga ditujukan kepada warga Swiss penemu jenazah Eril, yakni Geraldine Beldi, yang disebutnya telah meluangkan waktu untuk cermat mengamati Sungai Aare. Elpi juga mengumumkan bahwa Beldi tidak memiliki media sosial. ’’Kami mohon warga Indonesia untuk menghormati privasi beliau sebagai rasa terima kasih kita,’’ jelasnya.

Dia menjelaskan, setibanya di Bandung, yang pertama akan dilakukan Ridwan Kamil adalah memimpin keluarga besar menyalati jenazah Eril.

Keluarga besar serta warga yang berniat melakukan salat jenazah diberi kesempatan sepanjang Minggu malam mulai pukul 23.00 WIB sampai 08.00 WIB Senin pagi. ’’Kemudian, pada Senin jam 09.00 WIB, rombongan akan bertolak ke lokasi pemakaman di Cimaung, yaitu di areal Islamic Center keluarga besar,’’ tutur Erwin. Cimaung adalah kampung halaman ibunda Eril, Atalia Praratya.

Waktu ziarah ke makam Eril diatur secara khusus. Masyarakat yang berencana datang harus berada di lokasi pada pukul 10.00 sehingga proses pemakaman bisa berlangsung pukul 11.00. ’’Setelah seluruh rangkaian selesai, lahan atau area akan dibuka untuk warga lain yang belum melaksanakan doa atau mau berziarah,’’ tutur Erwin.

Setibanya di Gedung Pakuan, jenazah Eril langsung disemayamkan di ruang utama. Salat jenazah digelar dengan dipimpin langsung oleh RK. Di antara saf salat tampak Wagub Jabar UU Ruzhanul Ulum bersama anggota keluarga RK.

Di antara para tamu, tampak Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Dia datang untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Eril. “Allah SWT menunjukan kemuliaan yang luar biasa bagi Ananda Eril. Insya Allah, kemuliaan ini akan memberikan penguatan serta ketabahan kepada keluarganya,” ujar Khofifah. Dia mengaku mendengar banyak kabar baik tentang Eril. Misalnya soal kebiasaan Eril berbagi kepada sesama saat tengah malam. “Saya rasa kita boleh mengikuti jejak kebaikan beliau,” kata Khofifah kepada Radar Bandung.

Selain Khofifah, tampak pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Begitu tiba, dia langsung ikut menyalati alm Eril.

Ditemui usai takziah, Ganjar mengaku melihat keikhlasan sekaligus kesedihan di wajah sahabatnya, RK. Menurut dia, RK sempat mengatakan merasa bahagia setelah dua minggu batinnya diaduk-aduk karena tak ada kepastian soal pencarian sang putra.

“Meski menyatakan bahagia, saya melihat kesedihan menusuk,” ujar Ganjar.

Lokasi Pemakaman

Sesuai rencana, pemakaman dilakukan di lokasi pembangunan Islamic Center, Cimaung Banjaran, hari ini pukul 11.00 WIB. Gerbang ditutup pukul 10.00 WIB.

Informasi tersebut disampaikan ibunda Eril, Atalia Praratya, melalui akun Instagram-nya. Dalam unggahan itu, Atalia menyampaikan, untuk menghindari kemacetan dan agar ziarah dapat dilakukan dengan nyaman, pihak keluarga mengimbau peziarah datang di hari-hari berikutnya seusai pemakamannya. Yakni pada Selasa (14/6) sampai Minggu (19/6) pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Peziarah juga dapat menyaksikan prosesi pemakaman di televisi, radio, dan live streaming YouTube.

Sementara itu, pantauan Radar Bandung kemarin, lokasi pemakaman Eril masih terus dipersiapkan. Hujan yang turun tak menghalangi antusiasme warga untuk melihat langsung proses persiapan lahan pemakaman.

Ridwan Kamil juga menuliskan status untuk Eril di Instagram-nya. Isinya: ”Dear Eril, Sudah aku siapkan sebuah tempat yang istimewa. Sudah aku desainkan sebuah rumah akhirmu yang indah. Di sebelah sungai kecil, dengan pemandangan gunung dan pesawahan yang hijau permai.”

Luas area pemakaman Eril sekitar 15 x 15 meter. Dihiasi lanskap hijau sawah dan gunung. Posisi lahan tersebut berada di titik paling bawah, tak jauh dari fondasi yang rencananya dibangun sebuah masjid. ”Lahan ini milik mertua Bapak Gubernur. Sebagian lahannya akan dibangun Islamic Center,” ungkap seorang warga bernama Dadang Setia Permana kemarin.

”Ini pemakaman pertama. Sebelumnya belum ada yang dimakamkan di sini. Total luas lahan kurang lebih 5 hektare,” imbuh Dadang yang merupakan mantan kepala Desa Cimaung.

Sejak pukul 10.00 hingga 12.00 kemarin, para pekerja sudah ramai di lokasi tersebut. Sebagian terlihat merapikan akses dan sebagian lainnya mempersiapkan lahan pemakaman. Hal itu juga terlihat di lahan parkir yang rencananya digunakan untuk para tamu. Lahan parkir tersebut bisa menampung puluhan kendaraan. Peralatan berat seperti ekskavator diturunkan untuk membantu proses pengerjaan lahan makam.

Dari tepi jalan di luar area pemakaman, warga terlihat silih berganti datang untuk melihat proses persiapan tersebut. Hal itu menimbulkan kepadatan lalu lintas di sekitar lokasi pemakaman.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Jawa Pos (@jawapos)

Sumber: jawapos.com

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di oneindonesiasatudotcom@gmail.com.
  • Bagikan