Jokowi Bangga 82 Persen Atlet Indonesia di SEA Games Vietnam Bawa Pulang Medali

  • Bagikan

ONEINDONESIASATU.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku senang dan bangga, karena 82 persen atlet Indonesia yang dikirim ke SEA Games ke-31 Vietnam 2021 pada bulan lalu, berhasil meraih medali baik emas, perak, dan perunggu.

Total ada 408 dari 499 atlet Indonesia yang mampu membawa pulang medali SEA Games 2021 ke tanah air. Pemerintah pun memberi apresiasi pencapaian itu dengan memberi bonus.

"Saya bangga, senang, bahwa dari 499 atlet yang kita kirim ke SEA Games ke-31 di Vietnam, 408 atlet semuanya memperoleh medali baik emas, perak, maupun perunggu," kata Jokowi saat penyerahan bonus untuk atlet peraih medali SEA Games Vietnam di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Senin (13/6/2022).

"Sekali lagi, dari 499 atlet, 408 memperoleh medali. Artinya, 82 persen atlet yang kita kirimkan membawa medali pulang ke Tanah Air," sambungnya.

Menurut dia, jumlah kontingen Indonesia yang dikirim ke SEA Games 2021 menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Namun, kata Jokowi, hasil yang didapat justru meningkat dari SEA Games ke-30 2019.

"Membangun ekosistem yang baik itulah yang akan memberikan hasil. Kerjanya juga fokus. Kirim enggak usah banyak-banyak sampai 840 (kontingen) pada tahun sebelumnya. Tapi, hasilnya meningkat," ucapnya.

Adapun Indonesia berhasil berada di peringkat ketiga dalam ajang SEA Games 2021. Raihan ini juga meningkat dibandingkan SEA Games sebelumnya yang hanya mampu berada di peringkat lima besar.

"Kalau kita lihat yang lalu sebelum berangkat, 2015 kita peringkat kelima. 2017 peringkat kelima. 2019 peringkat keempat. Sekarang kita masuk peringkat ketiga, meskipun kita hanya mengirimkan 499 atlet," tutur Jokowi.

 

 

Sumber: liputan6.com

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di oneindonesiasatudotcom@gmail.com.
  • Bagikan