Pesisir Selatan Jawa Berpotensi Banjir Rob 10 hari ke Depan

  • Bagikan

Cilacap: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan dalam 10 hari mendatang, pesisir Selatan mulai Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Daerah Istimewa Yogyakarta  terancam banjir pesisir atau rob. Air pasang paling tinggi terjadi pada 14 Juni karena berbarengan dengan bulan purnama.

"Banjir pesisir atau rob potensial terjadi mulai 13-23 Juni 2022 mendatang," kata Prakirawan cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan, Senin, 13 Juni 2022.

Masyarakat pesisir diminta mewaspadai fenomena bulan purnama pada Selasa malam, 14 Juni. Sebab, berdampak pada air pasang yang memuncak levelnya.

Wilayah Jawa Barat yang perlu pesisir Selatan yang perlu waspada di antaranya Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya dan Pangandaran.

Baca: Gelombang Tinggi Hingga 6 Meter Ancam Perairan Jawa Tengah dan DIY

"Sedangkan di Jateng adalah Cilacap, Kebumen, hingga Purworejo. Daerah lainnya adalah DIY," jelasnya.

Dengan acaman rob tersebut, Rendi meminta supaya masyarakat yang bermukim di sekitar pesisir maupun nelayan untuk waspada. Potensi banjir pesisir atau rob diprediksi berlangsung dalam waktu yang berbeda-beda di setiap wilayah.

Kondisi tersebut, secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan, tambak garam dan permukiman warga di sekitar pesisir.

Sumber: medcom.id

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di oneindonesiasatudotcom@gmail.com.
  • Bagikan