Anies, Sri Mulyani, Tito Hingga Andika Masuk Radar Cawapres PKB

  • Bagikan

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah bulat bakal mengusung ketua umumnya, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. PKB juga telah membidik beberapa tokoh dari gubernur hingga menteri Jokowi untuk menjadi pendampingnya bertarung dalam Pilpres 2024.

Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan, di antara nama tokoh yang masuk dalam radar PKB untuk diusung sebagai cawapres yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indarwati, Menteri Dalam Negeri yang juga mantan Kapolri Tito Karnavian, Panglima TNI Andika Perkasa, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Dia menambahkan, para tokoh tersebut dibidik PKB lantaran memiliki rekam jejak dan kinerja yang baik di bidangnya masing-masing. Sehingga, PKB tidak ragu untuk melakukan perjodohan politik untuk kepentingan 2024 mendatang.

"Ya tentu kita mendapatkan masukan dari masyarakat, kita lihat rekam jejak juga karena kita sudah memastikan Gus Muhaimin capres, tentu saatnya kita mencari cawapres. Dari usulan nama yang masuk ada Pak Anies, Bu Sri Mulyani, Pak Tito Karnavian, Pak Andika, Pak Erick, juga Pak Sandi. Mereka semua ini saya rasa memiliki rekam jejak dan pengalaman yang mumpuni untuk menjadi cawapres," ujar Jazilul Fawaid lewat keterangan tertulisnya, Senin (13/6).

Wakil Ketua MPR RI ini mengatakan, nama-nama yang masuk dalam radar cawapres Cak Imin tersebut akan ditawarkan kepada parpol lainnya yang nantinya akan diajak koalisi dengan PKB untuk menjadi pasangan calon.

"Tentunya kalau kita berkoalisi, kita mengusung pasangan calon, kan harus kita pilih yang memiliki kans memenangkan Pilpres. Nama-nama tersebut kami yakin bisa dahsyat jika berpasangan dengan Gus Muhaimin yang juga punya basis elektoral kuat, utamanya di kalangan pesantren dan warga nahdliyin," tuturnya.

Pria yang akrab disapa Gus Jazil ini mengatakan bahwa, di antara nama-nama yang muncul, nama Sri Mulyani bahkan sudah disebut langsung oleh Gus Muhaimin ketika wawancara dengan wartawan di sela Konser Kebangsaan Gus Muhaimin di Tangerang, Minggu (12/6).

Meski begitu, nama tokoh lain seperti Anies Baswedan, Tito Karnavian, Andika Perkasa, Erick Tohir dan Sandiaga Uno juga sangat berpeluang untuk diusung.

"Ya semua nanti akan kita bicarakan dengan parpol koalisi mana yang dianggap terbaik. Ya kita akan bawa nama-nama tersebut untuk kita pasarkan, kita tawarkan ke parpol koalisi,” demikian Gus Jazil.

Sumber: rmol

Foto: Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid/Net

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di oneindonesiasatudotcom@gmail.com.
  • Bagikan