Belum Punya Konsep Matang, Koalisi Semut Merah Rentan Bubar Tengah Jalan

  • Bagikan

Terbentuknya koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Semut Merah (KSM) terkait dengan menghadapi kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) tidak lebih dari gimmick politik.

Pandangan itu disampaikan pengamat politik Iwel Sastra, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (14/6).

Menurut Iwel, koalisi yang sudah mendapatkan julukan dan disampaikan oleh petinggi masing-masing partai politik tidak akan bisa dipastikan hingga tahun 2024 mendatang.

"Sangat mudah dibaca bahwa koalisi yang muncul ini bersifat spontanitas. Belum memiliki konsep yang matang sehingga sangat rentan untuk bubar di tengah jalan," demikian kata Iwel.

Lebih lanjut, Iwel menyoroti koalisi semut merah yang ia lihat sebagai bentuk politik spontanitas yang belum memiliki kedalaman ikatan.

"Bagaimana mungkin PKB yang saat ini partai pendukung utama Jokowi tiba-tiba membangun koalisi dengan PKS yang merupakan partai oposisi terhadap pemerintahan Jokowi," pungkas Direktur Mahara Leadership ini.

Sumber: rmol

Foto: Pengamat politik Iwel Sastra/RMOL

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di oneindonesiasatudotcom@gmail.com.
  • Bagikan