Ahmad Dhani Jelaskan Cara Dia Ajarkan Agama ke Anak: Berbuat Dosa Itu Boleh tapi Jangan Berlebihan

  • Bagikan
X

Ahmad Dhani memberikan penjelasan soal bagaimana mengajarkan ilmu agama kepada anak-anaknya saat hadir dalam kanal YouTube VINDES bersama Marcello Tahitoe alias Ello.

Di situ, Ahmad Dhani menjelaskan cara mendidik ketujuh anaknya. Baik dari pernikahan Maia Estianty maupun Mulan Jameela, maupun anak sambugnya.

Dengan didikan Ahmad Dhani itu lah yang membuat ketika anaknya dari pernikahan Maia Estianty, Al Ghazali, El Rumi dan Dul Jaelani memilih untuk tinggal dengannya daripada mantan istrinya. Seperti apa? Simak ulasan berikut.

Cara Ahmad Dhani ajarakan agama ke anak anak

Deddy Mahendra Desta dan Vincent Rompies menanyakan banyak hal kepada musisi legandaris, Ahmad Dhani. Salah satunya soal didikan agama Dhani kepada anak-anaknya.

"Didikan anak lo religius enggak mas?," tanya Desta dilansir Hops.ID dari YouTube VINDES pada Selasa, 14 Juni 2022.

Ahmad Dhani kemudian menjelaskan bahwa didikannya kepada anak-anak dilakukan secara santai. Termasuk soal agama, Dhani memiliki prinsip tersendiri dengan mengajarkan anak-anaknya tidak berlebihan dalam berbuat dosa.

"Gue itu santai, jadi gue didik anak itu berbuat dosa itu boleh tapi jangan berlebihan. Kalau sudah 'kayak berlebihan' berarti berlebihan kalau menurut lo sudah berlebihan," jawab Dhani.

Begitu pun soal menunaikan ibadah salat, Ahmad Dhani tidak memaksakan. Bagi Dhani, anak-anaknya yang sudah dewasa seharusnya sudah tahu mana yang harus dilakukan atau dihindari dalam menjalani kehidupan sebagai orang beragama.

"Tapi lo nyuruh anak lo salat enggak mas? 'Salat lo' gitu?," tanya Desta lagi.

"Gue enggak tipe orang tua seperti itu, gue tipenya kamu dalam beragama itu dia musti mikir sendiri pentingnya gimana. Enggak mungkin (tersesat)," kata Dhani.

Bingung saat ditanya soal ilmu agama

Namun Ahmad Dhani tak bisa memungkiri bahwa dirinya kerap merasa kebingungan ketika anak-anaknya bertanya soal ilmu agama.

"Kadang-kadang gue bingung juga kalau anak-anak bertanya soal agama, gue mau jawab pertanyaan soal agama kepada mereka tuh gue jawab sesuai umur mereka atau sesuai pengetahuan yang gue punya itu kadang bingung," ungkap Dhani.

Sehingga, suami Mulan Jameela itu mengajarkan anak-anaknya untuk selalu menuruti apa yang diperintahkan Allah dan menjauhi apa yang menjadi laranganNya.

"Jadi kadang-kadang 'sudah jalani yang diperintahkan, yang dilarang jangan' gitu saja. Nanti kalau umurnya udah agak (dewasa) baru gue bisa jelaskan soal pengetahuan agama yang gue tahu," tuturnya.

Pasalnya kata Dhani, ilmu agama itu berubah seiring berjalannya waktu. "Karena kan pasti berubah, pengetahuan gue soal agama pas gue masih sekolah, umur 30, 40 kan beda. Untuk membuktikan itu lo musti nyobain dulu, gue enggak bisa jelasin," ujarnya.

Ahmad Dhani menjelaskan, didikan santai ia terapkan kepada anak-anaknya itu merupakan hasil mencontoh dari ibunya dulu kala. Yakni tak memaksakan apa yang menjadi kehendaknya.

"Jadi cara didik gue ke Al, El, Dul itu gue copy paste dari cara nyokap gue didik gue. Yaitu santai saja, dulu gue mau bolos boleh," ucap dia.

Didikan itu lah yang menjadi alasan Al, El, dan Dul lebih memilih tinggal bersama Ahmad Dhani daripada Maia Estianty. "Enggak keras, makannya waktu gue cerai sama Maia anak-anak pada ikut gue, enak kan ikut gue," pungkas Ahmad Dhani. ***

Sumber: hops

Foto: Ello dan Ahmad Dhani (Tangkapan layar YouTube VINDES)

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di oneindonesiasatudotcom@gmail.com.
  • Bagikan