Ini Dia 4 Nama Capres Yang Bakal Diusulkan Di Rakernas Nasdem: Ada Anies, Erick Thohir Hingga Andika Perkasa

  • Bagikan

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Jawa Barat menyebut bakal mengusulkan empat nama figur sebagai calon presiden untuk Pemilihan Presiden 2024. Usulan itu akan disampaikan dalam forum Rapat Kerja Nasional atau Rakernas NasDem.

"DPW Jabar sudah lakukan rapat kerja wilayah sekitar 26 Mei, sekaligus workshop pemenangan pemilu dan minta DPD-DPD untuk usulkan nama-nama. Dari 27 DPD ada 4 nama yang akan kami sampaikan, nama-nama yang selama ini juga sudah berkembang," kata Ketua DPW NasDem Jabar, Saan Mustopa kepada wartawan, Kamis (16/6/2022).

Saan pun membeberkan empat nama yang akan diusulkan, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir hingga Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

"Itu nama-nama yang DPD-DPD usulkan ke DPW Jabar," katanya.

Ia menambahkan, alasan lain 4 nama tersebut bakal diusulkan ke DPP dalam Rakernas yakni lantaran figur-figur tersebut mempunyai obyektivitas hingga kapabilitas.

"Integritas dan sebagainya tapi juga nama-nama itu secara akseptabilitas di publiknya kan memang diterima. Mereka juga punya rekam jejak masing-masing yang dalam kacamata DPD sangat memadai," ujarnya.

Rakernas Nasdem

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh, mengatakan, partainya menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) memang sengaja untuk menjaring figur calon presiden yang akan diusung di Pilpres 2024. Ia menegaskan, NasDem tak mau mengekor pada setiap hasil-hasil survei dalam menentukan capres.

Surya menjelaskan, bahwa awalnya NasDem memang ingin membuka peluang terhadap figur calon potensial menjadi pemimpin lewat Konvensi Capres.

Namun, NasDem sadar tak bisa mengusung langsung capres sehingga Konvensi dibatalkan diganti penjaringan melalui Rakernas.

"Maka yang hanya bisa dilakukan adalah menjaring aspriasi dari berbagai kalangan untuk menentukan 3 calon sebagai bakal capres yang akan dimajukan oleh NasDem," kata Surya dalam acara pembukaan Rakernas NasDem di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (15/6/2022) malam.

Lewat penjaringan tersebut, Surya mengatakan, NasDem berkomitmen memberikan ruang demokrasi terbuka bagi seluruh warga negara dengan proses pencalonan. Selain itu, NasDem enggan mengekor memilih capres hanya lewat hasil-hasil survei.

"Ini juga menunjukkan bahwa Partai NasDem tidak selalu membebek pada hasil-hasil survei dalam menentukan capresnya, kita ingin ada kesempatan yang adil yang setara bagi semuanya tidak hanya pada ketua umum partai politik kepala daerah atau para menteri untuk menjadi seorang capres," tuturnya.

Lebih lanjut, Surya mengatakan, dengan digelarnya Rakernas ini merupakan peneguhan kembali terhadap politik kebangsaan.

"Kita harus menyadari bahwa kompetensi dalam pemilu adalah sebuah keniscayaan dan itu hanyalah kompetisi yang akan berulang setiap lima tahun sekali yang lebih penting daripada itu adalah menjaga keutuhan dan eksistensi bangsa dan negara ini," tandasnya.

Sumber: suara

Foto: Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dalam acara pembukaan Rakernas Nasdem di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (15/6/2022) malam. [Suara.com/Bagaskara]

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di oneindonesiasatudotcom@gmail.com.
  • Bagikan