Meski Sudah Minta Maaf, Dharmapala Nusantara Akan Tetap Laporkan Roy Suryo ke Polisi

  • Bagikan

Ketua Umum Dharmapala Nusantara Kevin Wu mengatakan akan tetap laporkan Roy Suryo ke polisi soal unggahan foto meme stupa Candi Borobudur mirip Presiden Joko Widodo.

"Kenapa melaporkan Bapak Roy Suryo, karena beliau termasuk bagian dari yang menyebarkan gambar yang berpotensi memecah belah dan membuat keresahan di masyarakat ini," kata Kevin dalam Instagram @dharmapala_fabb pada Jumat (17/6/2022).

Lebih lanjut, Kevin mengatakan tujuan pelaporan ini dilakukan agar tercipta kejelasan hukum dan menjaga ketentraman di Indonesia. Selain itu, kata Kevin, agar menjadi pembelajaran semua pihak.

"Agar tercipta kejelasan hukum yang ada di Indonesia. Yang kedua menjaga ketenteraman karena telah terjadi keresahan dan potensi perpecahan di masyarakat. Oleh karena itu, kami melakukan inisiatif seperti itu," katanya.

Tak hanya itu, Kevin juga meminta pihak kepolisian mengusut tuntas siap yang mengedit foto tersebut.

"Tentu kami juga akan meminta pihak kepolisian untuk mengusut tuntas siapa pelaku-pelaku yang melakukan pengeditan ini. Saya rasa ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua agar tetap menjaga kerukunan, toleransi, dan saling menghormati di masyarakat," ungkap Kevin.

Sebelumnya, Roy meminta maaf kepada umat Budha dan masyarakat umum soal heboh meme Candi Borobudur yang diunggahnya pada akun Twitternya  @KRMTRoySuryo2.

Roy mengatakan tidak ada niatan menghina agama Budha dengan mengunggah kembali meme patung di Candi Borobudur yang diubah wajahnya mirip Presiden Joko Widodo.

Ia mengatakan, unggahan di akun Twitter itu sebatas bentuk sikap kritis terkait rencana kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur.

Meski Roy sudah menyatakan permintaan maaf dan penyesalannya, bukan berarti dirinya akan lepas tangan.

Untuk itu, dia membuat laporan polisi di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya terhadap sejumlah akun yang diduga menjadi pembuat meme foto Jokowi di stupa Borobudur dan pertama kali mengunggahnya di media sosial.

“Nah memang saya menampilkan kembali gambar ini, karena apa, karena dia memberikan saya gambar ini, dan saya tidak melakukan ubahan sedikit pun terhadap gambar ini, jadi gambarnya sama, akunnya juga ada, bahkan saya juga tampilkan gambar sebelumnya," kata Roy pada Kamis (16/6/2022).

Sumber: poskota

Foto: Roy Suryo melaporkan akun Twitter yang menjadi pengunggah pertama meme stupa mirip Presiden Joko Widodo ke Polda Metro Jaya pada Kamis (16/6/2022).(Ist)

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di oneindonesiasatudotcom@gmail.com.
  • Bagikan