Anies Baswedan Masuk Nominasi Capres 2024 dari PKS: Popularitas dan Elektabilitas Tinggi

  • Bagikan
X

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk nominasi sebagai calon presiden (capres) yang bakal diusung oleh PKS pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri mengatakan, wajar Anies masuk dalam radar partainya. Sebab Anies memiliki elektabilitas yang tinggi, sehingga peluang menangnya pun besar.

"(Anies) masuk nominasi ya, masuk nominasi. Pasti lah yang popularitasnya tinggi, elektabilitasnya tinggi kan pasti nominasi, punya peluang untuk menang," kata Salim di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (20/6/2022).

Meski begitu, PKS memiliki mekanisme sendiri dalam menentukan capres yang akan diusung, yaitu melalu pembahasan di Majelis Syuro.

"Mungkin nanti mulai kita bahas di Majelis Syuro, di lembaga tertinggi (PKS)," kata Salim.

Salin mengungkapkan, PKS biasanya menggelar rapat Majelis Syuro maksimal dua kali dalam setahun. Adapun rapat terdekat akan digelar pada Agustus 2022 mendatang.

"Biasanya setahun sekali, setahun dua kali. (Rapat Majelis Syuro) paling dekat Agustus," kata Salim.

Adapun pekan ini PKS akan menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) selama dua hari, mulai 20-21 Juni 2022. Salim mengungkapkan, tidak menutup kemungkinan akan membahas usulan capres.

"Kemungkinan. Kalau sudah Rapimnas besok, pasti pembahasan. Tapi saya enggak yakin sih kalau ada menyebutkan nama. Itu lembaga tinggi partai," kata Salim.

Nama Anies Baswedan kerap digadang-gadang bakal menjadi capres 2024. Dalam sejumlah survei, elektabilitas gubernur DKI Jakarta itu bersaing ketat dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sebelumnya, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem merekomendasikan Anies sebagai salah satu bakal capres 2024.

Sumber: era

Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Net

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di oneindonesiasatudotcom@gmail.com.
  • Bagikan