Ternyata Ini Alasan Anies Baswedan Ubah 23 Jalan di Jakarta dengan Tokoh Betawi

  • Bagikan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi mengubah 23 nama jalan di DKI Jakarta dengan nama tokoh-tokoh Betawi.

Untuk mengubah 23 nama jalan di Jakarta itu, Anies Baswedan sudah berkordinasi dengan kepolisian serta dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Sejumlah nama jalan yang diubah dengan tokoh Betawi di antaranya Mpok Nori, Abdurahman Saleh, dan Ismail Marzuki dan lain lain.

Anies menyatakan, pengubahan nama jalan dengan tokoh Betawi itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap tokoh tokoh Betawi.

Selain itu para tokoh tersebut memiliki peran bagi bangsa Indonesia.

Menurut Anies, nama tokoh-tokoh Betawi itu merupakan pribadi yang harus dikenang karena mereka telah memberikan manfaat bagi sesama.

“Mereka ini adalah pribadi-pribadi yang kita kenang, kita ingat karena hidupnya dihibahkan untuk kemajuan,” ucap Anies di Setu Babakan, Jakarta Selatan, Senin (20/6/2022).

Selain itu, diharapkan generasi mendatang juga mengerti serta memahami bahwa tokoh-tokoh Betawi itu memiilki kontribusi besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Harapanya nanti menjadi pengingat kepada kita semua bahwa di sini, di kota ini, telah tumbuh pribadi yang disebut sebagai dengan nama jalan,” katanya.

Anies juga menyebut, tokoh Betawi bukan saja ada di masa dulu dan sekarang.

“Tokoh Betawi itu bukan sekarang saja. Ini sudah perjalanan lintas waktu yang cukup panjang mereka hadir di tempat ini,” kata dia.

Untuk diketahui, selain mengubah 23 nama jalan di Jakarta, Anies juga mengubah nama sejmlah zona juga dengan nama tokoh Betawi.

Tidak hanya itu, nama sejumlah gedung juga diubah menjadi nama tokoh Betawi.

Di antaranya Zona A yang kini diubah namanya menjadi Kampung MH Thamrin dan Zona B diubah menjadi Kampung Abdulrahman Saleh.

Ada juga gedung PPSB Jakarta Timur diubah menjadi gedung Kisam Dji’un dan gedung PPSB Jakarta Selatan diubah menjadi gedung H Sa’aba Amsir.

Sumber: pojoksatu

Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmikan 23 nama jalan diubah dengan nama tokoh Betawi di kantor unit pengelola perkampungan budaya Betawi, Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin (20/6/2022)

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di oneindonesiasatudotcom@gmail.com.
  • Bagikan