Firli Bahuri Sebut KPK Belum Tanya Keberadaan Harun Masiku ke PDIP

  • Bagikan
X

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri mengatakan lembaganya masih mencari keberadaan Harun Masiku. Firli mengatakan akan mencari Harun sampai ketemu. “Kami komitmen cari sampai ketemu,” kata dia di Kompleks DPR Senayan, Jakarta, Kamis, 30 Juni 2022.

Firli Bahuri mengatakan KPK telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk mencari bekas calon legislatif dari PDIP tersebut. Dia mengatakan KPK telah kerja sama dengan kepolisian yang memiliki jaringan di dalam negeri. Pihak Imigrasi juga digandeng untuk mengawasi pintu masuk dan keluar dari wilayah Indonesia.

Firli mengatakan juga sudah bekerjasama dengan Interpol. Kerja sama dengan Interpol, kata dia, dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan Harun berada di luar negeri. “Kami menggunakan semua jaringan,” kata dia.

Harun Masiku telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap pergantian antarwaktu atau PAW anggota DPR periode 2019-2024 sejak Januari 2020. Hingga saat ini Masiku belum juga tertangkap.

Firli membantah bahwa masih belum ditangkapnya Harun karena kedekatan dengan PDIP. Sebelum menjabat Ketua KPK, Firli mengakui pernah bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Saat itu, Firli mengatakan pertemuan tersebut tidak disengaja. “Kami tidak melihat latar belakang seseorang,” kata dia.

Kendati demikian, Firli mengakui KPK tak pernah bertanya mengenai keberadaan Harun kepada PDIP. Seperti diketahui, Harun merupakan kader PDIP. Kantor PDIP juga hampir digeledah dalam perkara suap yang melibatkan Harun Masiku. “Apa kaitannya bertanya ke PDIP?” kata Firli menjawab pertanyaan wartawan.

Sumber: nasional.tempo.co

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan