Eks Anak Buah SBY Sebut Jokowi Gagal Jadi Juru Damai Rusia-Ukraina

  • Bagikan
X

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dinilai gagal menjadi juru damai Rusia dengan Ukraina. Menurut Wakil Menteri Luar Negeri era SBY, Dinno Patti Djalal belum ada terobosan yang dilakukan Jokowi dalam misi damainya ke Ukraina dan Rusia pekan ini.

"Menurut saya kalau ukurannya adalah misi perdamaian, maka kita harus jujur menyatakan kunjungan (Jokowi) ke Ukraina dan Rusia ini belum mencapai terobosan," kata Dinno melalui pernyataan resminya.

Penilaian dari Founder Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) itu berdasarkan pada respons Jokowi usai membahas misi perdamaian. Menurutnya, saat Jokowi bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Zelensky menyambut baik. Sambutan baik itu berupa titipan pesan Zelensky melalui Jokowi untuk disampaikan ke Presiden Rusia Vladimir Putin.

"[Zelensky] juga menyatakan menghargai posisi dan sikap dan upaya Presiden Jokowi ya," ujar Dino.

Namun hal serupa tak tergambar saat Jokowi bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow.

"Presiden Putin dalam Konferensi pers sama sekali tidak menyebut mengenai misi perdamaian dan yang dirujuk hanya mengenai hubungan ekonomi Indonesia-Rusia." tuturnya.

Sumber: law-justice.co

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan