Jika Swedia dan Finlandia Gagal Penuhi Syarat, Turki Siap Batalkan Kedua Negara Masuk NATO

  • Bagikan
X

Salah satu syarat yang diajukan Turki agar Swedia dan Finlandia bisa masuk menjadi anggota NATO adalah ekstradisi sejumlah tersangka terorisme ke Ankara. Namun, agak permintaan itu tidak segera terpenuhi  dengan cepat.

Minggu ini, Turki dan dua negara Nordik mencapai kesepakatan 10 poin, yang ditujukan kepada kelompok-kelompok yang dianggap Ankara sebagai “teroris” dan mengakhiri embargo senjata saat ini.

“Perjanjian oleh Finlandia, Turki dan Swedia adalah tentang memfasilitasi ekstradisi, tetapi menyebutkan bahwa itu terjadi sesuai dengan perjanjian ekstradisi Eropa,” kata Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto dalam sebuah wawancara dengan penyiar Yle pada hari Jumat, seperti dilaporkan kembali oleh RT.

"Finlandia tidak membuat janji konkret tentang ekstradisi dan tidak ada daftar orang yang dicari yang disepakati selama pembicaraan dengan Turki," kata diplomat tinggi itu.

Secara keseluruhan, Finlandia telah menerima 12 permintaan ekstradisi dari Turki dalam lima tahun terakhir dan masih dalam proses.

"Menyerahkan warga negara Finlandia sendiri juga tidak mungkin," kata Haavisto, tanpa mengatakan apakah Ankara mencari orang-orang seperti itu.

Sumber: rmol.id

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan