Kampung Gembira Gembrong Dibangun dari Infak Salat Id JIS, Anies Baswedan: Rp 7,8 Miliar

  • Bagikan
X

Pemerintah DKI Jakarta membutuhkan Rp 7,8 miliar untuk membangun rumah tapak di Kampung Gembira Gembrong, Jatinegara, Jakarta Timur. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan dana pembangunan diambil dari uang kolektif Badan Amil Zakat Nasional alias Baznas Bazis DKI Jakarta. 

"Ada 136 unit yang nanti akan dibangun di atas lahan 1.200 meter persegi yang menelan biaya Rp 7,8 miliar," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 1 Juli 2022. 

Dari keterangan resmi Anies tertera bahwa uang kolektif Baznas Bazis dikumpulkan terutama dari infak dan sadaqah ketika salat Idul Fitri alias Salat Id di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara pada Senin, 2 Mei 2022. 

Sebelumnya, kebakaran melanda Pasar Gembrong, Cipinang, Jakarta Timur pada Minggu malam, 24 April 2022. Si jago merah menghanguskan ratusan bangunan, termasuk hunian di kawasan kampung Gembrong. 

Hari ini Anies melakukan peletakan batu pertama alias groundbreaking pembangunan ulang kampung tersebut yang rencananya dinamakan Kampung Gembira Gembrong. 

Menurut dia, pembangunan kembali kampung ini berkonsep menghadap sungai, sehingga warga tak membelakangi sungai. "Kalau di Inggris namanya water front, kelihatan menghadap air, airnya air sungai," ucap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Sumber: metro.tempo.co

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan