Waspada, Singapura Catat Kasus Lokal Pertama Cacar Monyet

  • Bagikan
X

Singapura telah mengonfirmasi satu kasus infeksi lokal pertama dari monkeypox atau cacar monyet pada Rabu (6/7). Itu hanya berselang dua pekan setelah negara tersebut melaporkan kasus pertama yang melibatkan pelancong asal Inggris.

Kasus infeksi lokal melibatkan pria berkebangsaan Malaysia berusia 45 tahun yang berdomisili di Singapura. Ia dinyatakan positif cacar monyet pada Rabu, dan saat ini dirawat di Pusat Nasional untuk Penyakit Menular (NCID) dalam kondisi stabil.

Kementerian Kesehatan mengatakan kasus ini tidak terkait dengan kasus impor yang diumumkan pada 21 Juni lalu.

Menurut kementerian, pasien pertama kali mengembangkan lesi kulit di bagian perut bawah pada 30 Juni. Kemudian mengalami kelelahan dan pembengkakan kelenjar getah bening pada 2 Juli.

Pada Senin (4/7), ia mengalami demam dan sakit tenggorokan sehingga mencari perawatan medis. Tes awal menunjukkan ia menderita penyakit lain.

Namun ketika tes menunjukkan positif cacar monyet, pasien langsung dibawa ke NCID dan diisolasi untuk penilaian lebih lanjut, seperti dilaporkan Xinhua.

Sumber: rmol.id

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan