Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Filipina, Getaran Terasa di Ibu Kota Manila

  • Bagikan
X

Gempa berkekuatan magnitudo 7,1 mengguncang pulau Luzon di Filipina pada Rabu (27/7/2022). 

Menurut Survei Geologi AS getaran kuat terasa di banyak daerah termasuk di ibu kota Manila. Tidak ada laporan kerusakan atau cedera akibat gempa yang terjadi pada kedalaman dangkal 10 km (6 mil). USGS mengatakan pusat gempa berada sekitar 11 km (enam mil) timur-tenggara kota Dolores di provinsi Abra. 

Eric Singson, seorang anggota kongres di provinsi Ilocos Sur utara mengatakan kepada stasiun radio DZMM bahwa gempa itu terasa sangat kuat. "Gempa bumi berlangsung 30 detik atau lebih. Saya pikir rumah saya akan runtuh," kata Singson. Menurut Eric saat ini pihaknya tengah menjangkau warga di lokasi terdampak gempa, pasalnya hingga kini ada gempa susulan. 

Berdasarkan laporan dari kementerian transportasi setempat, gempa itu juga terasa kuat di Manila dan sistem kereta bawah tanah kota itu telah dihentikan pada jam-jam sibuk setelah gempa. 

Sementara itu Direktur badan seismologi negara, Renato Solidum mengatakan kepada stasiun radio DZMM, bahwa gempa tersebut dapat menyebabkan kerusakan di Abra di mana Dolores berada, tetapi tidak melihat kerusakan di Manila. "Di ibu kota tidak merusak. 

Saya kira tidak berpengaruh pada struktur tapi bagus untuk memeriksa fasilitas vital seperti MRT." seperti dikutip Reuters.

Sumber: tvonenews.com

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan