Pemerintah Klaim PSN Serap 11 Juta Tenaga Kerja, Komisi IX: Buka Datanya Supaya Fair

  • Bagikan
X

Pemerintah harus menjelaskan detail klaim Proyek Strategis Nasional (PSN) yang disebutkan telah menyerap 11 juta tenaga kerja. Terlebih, disebutkan dari 11 juta tenaga kerja, hanya 1,9 juta tenaga kerja yang terserap langsung.

Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati mentarakan, transparansi itu penting disampaikan karena angka tenaga kerja yang terserap masih termasuk Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di PSN.

"Jadi klaim 11 juta tenaga kerja di PSN juga harus dibuka berapa yang termasuk TKA. TKA yang bekerja di PSN sempat menjadi TKA yang dikecualikan saat muncul larangan TKA masuk di Indonesia," kata Kurniasih kepada wartawan, Rabu (27/7).

"Artinya TKA dalam proyek strategis ini mendapatkan previlege. Jadi agar fair perlu dibuka rinci klaim datanya," imbuhnya.

Kurniasih menegaskan, pemerintah perlu apa saja kriteria penyerapan kerja langsung, tidak langsung dan induced yang diklaim pemerintah.

"Kalau angka penyerapan langsung 1,9 juta berarti proporsinya masih kecil bagaimana PSN bisa langsung menyerap tenaga kerja yang bekerja di sektor utama. Belum lagi persentase TKA," terangnya.

Sumber: rmol.id

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan