Gus Baha Tolak Uang Sumbangan Miliaran Rupiah dari Pengusaha Arab Saudi, Ini Alasannya

  • Bagikan
X

KH Ahmad Bahauddin alias Gus Baha mengungkapkan pernah ingin diberikan uang miliaran rupiah oleh seorang donatur yang berasal dari Arab Saudi. Donatur yang berprofesi sebagai pengusaha itu menyodorkan uang untuk pembangunan pesantren.

“Gus, kalau panjenengan mau membesarkan pesantren, maka saya sumbangkan uang saya ini untuk panjenengan,” kata Gus Baha menirukan ucapan donatur itu, seperti dalam sebuah ceramahnya.

Gus Baha menjelaskan sang donatur berkata ingin memberikan uang tersebut untuk pembangunan pesantren. Dengan uang miliaran itu, maka pesantren Gus Baha bisa semakin maju dan menampung lebih banyak santri lagi nantinya.

Namun Gus Baha menolaknya. “Ciri ulama itu mengajak orang menuju Allah. Kalau saya terima dan fasilitas pondok yang bagus, takutnya saya malah mengajak orang kepada fasilitas, bukan kepada Allah," kata Gus Baha.

Gus Baha berkata, kalau ada ulama yang menerima sumbangan karena berprinsip fasilitas bagus akan menghasilkan produk yang bagus, ya silakan. "Yang pasti saya memiliki prinsip sendiri dan kamu jangan tiru saya,” kata Gus Baha.

“Kalau ada yang mau nyumbang uang banyak, ya terima saja, nggak usah sok-sokan nolak,” lanjut Gus Baha.

Sumber: kurusetra.republika.co.id

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan