Surya PSI Susul Sunny Dukung Anies, Pakar: Bisa Jadi Spionase

  • Bagikan
X

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) jadi sorotan gegara pengakuan kadernya Surya Tjandra yang menyatakan mendukung Anies Baswedan. Sikap politik Surya itu sama dengan pendiri PSI Sunny Tanuwidjaja yang keluar karena dukung Anies.

Terkait itu, pakar politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menyampaikan analisanya. Dia mengatakan ada dua hal menyangkut Surya Tjandra. 

"Yang pertama bisa jadi ini soal kekecewaan. Karena Surya Tjandra awalnya menjadi Wamen ATR/BPN. Tetapi, diganti oleh sahabatnya sendiri oleh Raja Juli Antoni," kata Ujang saat dihubungi VIVA, Sabtu malam, 30 Juli 2022.

Menurutnya, saat Surya punya jabatan sebagai Wamen dicabut dan dibredel di tengah jalan diduga membuatnya kecewa. Dengan kekecewaan itu, dia menduga mungkin jadi pemicu Surya loncat ke Anies.

"Kira-kira seperti itu. Itu wajar dalam politik. Ketika kecewa, sudah diusik jabatannya di internal sendiri maka loncat mendukung lawan," sebut Ujang.

Namun, ia menilai kemungkinan lain dalam dukungan Surya ke Anies. Bagi dia, cara itu bisa jadi strategi dari PSI agar bisa masuk ke barisan pendukung Anies untuk mencari kelemahannya. Menurut Ujang, dalam politik bisa menjadi serba mungkin.

Sumber: viva.co.id

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan