Singapura Bantah Surya Darmadi alias Apeng ada di Negaranya

  • Bagikan
X

Pemerintah Singapura melalui Kementerian Luar Negerinya membantah bahwa Surya Darmadi alias Apeng yang ditetapkan sebagai buronan oleh Indonesia berada di negaranya.

"Menurut catatan imigrasi kami, Surya Darmadi saat ini tidak berada di Singapura," demikian pernyataan Kemlu Singapura melalui keterangan resminya, Jumat (5/8).

Namun begitu, Singapura mengaku bakal membantu pemerintah Indonesia untuk mencari bos PT Duta Palma Grup ini. Bantuan itu akan diberikan jika Pemerintah Indonesia mengajukan permintaan resmi ke Singapura.

"Jika Indonesia mengajukan permintaan resmi ke Singapura dengan informasi pendukung yang diperlukan, Singapura akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada Indonesia, dalam lingkup hukum dan kewajiban internasional kami," lanjutnya.

Sebelumnya, pihak Kejaksaan Agung menyampaikan bahwa Surya Darmadi yang disebut telah merugikan negara sebesar Rp 78 triliun ini kabur ke Singapura. Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Ketut Sumendana menyampaikan bahwa pihaknya bahkan telah melakukan koordinasi dengan Singapura terkait pencarian Surya Darmadi ini.

“Upaya yang kita lakukan atase Kejaksaan RI di Singapura telah berkoordinasi dengan Kejaksaan Singapura untuk pemeriksaan sekaligus memulangkan yang bersangkutan,” kata Ketut kepada wartawan di Jakarta, Rabu (3/8).

Sumber: rmol.id

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan