Warga India Minta Berlian Kahinoor di Mahkota Ibu Ratu Elizabeth II Dikembalikan

  • Bagikan
X

Mangkatnya Ratu Elizabeth II membuat warga Inggris berduka. Namun, ternyata ada salah satu yang menjadi pertanyaan warga India, akankah berlian Kahinoor milik mereka dikembalikan?

Berlian Kahinoor adalah salah satu dari 2.800 batu yang dipasang di mahkota milik Ibu Ratu Elizabeth II. Berlian tersebut berbentuk oval dengan berat 105 karat.

Namun, kini warga India meminta berlian Kahinoor dikembalikan kepada mereka. Permintaan pengembalian berlian ini bukan pertama kali dilakukan. 

Saat India merdeka di tahun 1947, pemerintah India meminta berlian tersebut dikembalikan. Bahkan, saat penobatan Ratu Elizabeth II sebagai ratu, India juga membuat tuntutan tersebut.

Sayangnya, tuntutan-tuntutan tersebut tidak didengar, dan Inggris berargumen bahwa tidak ada dasar hukum untuk restitusi Kahinoor ke India.

Dilansir Time, banyak warga India merasa bahwa berlian tersebut "dicuri" oleh Inggris yang membuat mereka merasakan kematian, kelaparan, dan penjarahan.

Sumber: kumparan.com

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan