Tempo Tayangkan Film Dokumenter Kilometer 50, Ini 3 Fakta Seputar Peristiwa KM 50

  • Bagikan
X

Tempo melalui kanal YouTube Tempodotco meluncurkan film dokumenter Kilometer 50 pada Kamis, 15 September 2022. Film berdurasi 51 menit itu berkisah tentang penembakan enam anggota Front Pembela Islam alias FPI oleh aparat kepolisian.

Belakangan ini peristiwa Kilometer 50 atau KM 50 menjadi perbincangan publik setelah dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J terungkap. Dalam kasus Brigadir J, eks Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Irjen Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka. 

Sebelumnya, Ferdy Sambo menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri yang turut menangani kasus KM 50. Keterlibatan Ferdy Sambo dalam dua kasus yang melibatkan aksi penembakan oleh polisi inilah yang meresahkan publik.

Untuk menyegarkan kembali ingatan tentang kasus KM 50, berikut adalah tiga fakta seputar perkembangan peristiwa KM 50:

1. Peristiwa KM 50 Tewaskan 6 Warga

Berdasarkan catatan Tempo, terdapat 6 anggota FPI yang tewas usai ditembak oleh polisi. Keenam korban ini adalah Andi Oktiawan (33), Ahmad Sofiyan (26), Lutfi Hakim (25), Faiz Ahmad Syukur (22), Muhammad Suci Khadavi (21), dan Muhammad Reza (20). 

Sumber: nasional.tempo.co

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan