Data Anak Usaha Pertamina Dijebol, Ini Kata Polri

  • Bagikan
X

Peretasan data kembali terjadi, kini menyasar anak perusahaan PT Pertamina, Elnusa dijebol kelompok hacker Desorden.

Data pribadi karyawan, mencakup nomor ID pegawai, nama, inisial, tempat/tanggal lahir, pendidikan, jurusan, dan status pernikahan, serta agama itu disebar oleh hacker Desorden ke Breach forum pada Sabtu (16/9).

Terkait hal ini, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyampaikan bahwa Polri hanya bekerja untuk melakukan penegakan hukum, oleh karenanya, terkait dengan maraknya peretasan data, seharusnya BSSN dan Kominfo yang paling berkompeten.

“Seharusnya Pertamina, BSSN dan Kominfo yang paling kompenten (menjelaskan). Kalau penegakan hukum baru siber (Ditipidsiber Bareskrim),” kata Dedi saat dikonfirmasi Kantor Berita Politik RMOL, Senin (19/9).

Kelompok hacker Desorden usai membagikan data di Breach forum itu lantas mengatakan "We take responsibilities for the hack and data breach of PT Sigma Cipta Utama, the sole subsidiary in charge of Data Management in Elnusa Group, subsidiary of Pertamina Indonesia, a state-owned company of Indonesia government.

(Kami bertanggung jawab atas peretasan dan pembobolan data PT Sigma Cipta Utama, satu-satunya anak perusahaan yang bertanggung jawab atas Manajemen Data di Elnusa Group, anak perusahaan Pertamina Indonesia, perusahaan negara milik pemerintah.)

Sumber: rmol.id

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan