JK Dukung Airlangga Hartarto, Adi Prayitno: Upaya untuk Mencari “Teman” Anies Baswedan

  • Bagikan
X

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla belakangan menyita perhatian publik dalam dinamika menuju Pemilu Serentak 2024. Tak lain, setelah dia menyatakan mendukun pencapresan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Dikatakan Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno, manuver Jusuf Kalla yang memberikan dukungan kepada Airlangga Hartarto bisa jadi sebagai upaya untuk mencari "teman" bagi Anies Baswedan.

“Pak JK selalu dikaitkan, endorse Anies, kenapa nggak berat ke AH. Kalau kemudian Pak JK dikaitkan dengan endorse AH itu tidak lepas dari upaya upaya mencarikan mesin politik dan teman bagi Anies Baswedan untuk maju di 2024,” kata Adi kepada wartawan, Senin (19/9).

Adi mengatakan, JK sudah lama kenal dengan Anies Baswedan, dan sering disebut sebagai mentornya. Anies, kata dia, meski di endorse oleh Partai Nasdem, namun belum tentu akan berkoalisi dengan PKS maupun Partai Demokrat untuk memenuhi syarat mengajukan pasangan calon.

Sementara Airlangga Hartarto adalah ketua umum partai runner up pemenang Pemilu 2019, juga sudah memiliki tiket melalui Koalisi Indonesia Bersatu yang dimotori bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Nah posisi Pak JK sebagai salah satu tokoh senior, king maker, sedang mencari partai dan partner koalisi yang paling mungkin diajak kerjasama,“ pungkasnya.

Sumber: rmol.id

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan