PAN Sarankan Parpol Jangan Bertele-Tele Umumkan Koalisi, Sindir NasDem, PKS dan Demokrat?

  • Bagikan
X

Partai Amanat Nasional (PAN) menyarankan agar partai politik (parpol) yang belum menentukan koalisi Pilpres 2024 tidak bertele-tele dalam bersikap.

PAN menyebut, sudah ada tiga poros yang memenuhi syarat ambang batas pencalonan atau presidential threshold (PT) 20 persen. Pertama, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang beranggotakan Golkar, PAN, dan PPP. Kedua, PDI Perjuangan (PDIP). Ketiga, koalisi yang dibentuk Gerindra-PKB.

Sedangkan yang belum menyatakan berkoalisi adalah NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Meski sesumbar sudah saling dekat, nyatanya tiga parpol ini masih belum berani mengumumkan koalisi.

"Bagi partai politik yang belum menentukan koalisinya, maka sebaiknya menerapkan prinsip: ikan sepat, ikan gabus, dan ikan lele. Makin cepat, makin bagus, dan jangan bertele-tele, he-he-he," ujar Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi, Selasa, 20 September.

Juru Bicara DPP PAN ini pun menilai, tidak ada upaya pihak tertentu menjegal untuk berkoalisi bahkan mencalonkan pasangan capres dan cawapres.

Menurut Viva, jumlah paslon yang bertarung di Pilpres 2024 adalah domainnya partai politik. Sebab kata dia, yang memiliki hak konstitusional untuk mengusung paslon adalah partai politik.

Sumber: voi.id

Artikel Asli

Note:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan